Kompas.com - 13/05/2022, 15:47 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum usai, kini ada lagi penyakit yang patut diwaspadai. Yakni adanya hepatitis akut misterius.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengumumkan Covid-19 sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), kini WHO menetapkan hepatitis akut misterius menjadi KLB pada 15 April 2022.

Tentunya, hepatitis akut misterius dinilai mulai meresahkan masyarakat dunia. Sebab, WHO menemukan ada 170 kasus hepatitis akut misterius di 12 negara yang ada di Eropa, Amerika, dan Asia.

Baca juga: Dosen FK Unair: Ini Cara agar Kulit Sehat dan Kencang

Adapun hepatitis akut tersebut menyerang anak-anak usia di bawah 16 tahun. Tak hanya itu saja, penyakit ini juga mulai masuk ke Indonesia.

Hingga saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan ada 15 kasus hepatitis akut dengan total penderita yang meninggal dunia sebanyak lima orang.

Hal ini tentunya membuat para orang tua menjadi was-was. Dengan harapan anaknya tetap sehat dan terhindar dari hepatitis akut misterius.

Terkait hal itu, Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Dhani Redhono Harioputro, dr., Sp.PD., KPTI. memberikan imbauan.

Yakni bagi para orang tua untuk mengecek gejala penyakit ini pada anak-anaknya. Dokter Dhani menjelaskan bahwa penyakit ini memiliki ciri-ciri yang cukup mencolok.

Ciri-ciri gejala hepatitis akut

Adapun ciri-ciri yang cukup mencolok yakni:

1. Ada warna kuning pada bagian mata. Itu merupakan akibat dari bilirubin yang tinggi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.