Kompas.com - 17/05/2022, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar mulai hari ini, (17/5/2022).

Sesuai timeline, jadwal UTBK gelombang 1 yakni 17-23 Mei 2022 dan 28 Mei-3 Juni 2022 untuk gelombang 2.

Namun, di beberapa media sosial banyak cuitan calon peserta UTBK mengaku mulai panik. Untuk menanggulangi hal tersebut, psikolog UNS memiliki saran jitu.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Laelatus Syifa Sari membeberkan teknik untuk menenangkan diri menuju hari UTBK.

Baca juga: Hari Pertama UTBK 2022: Alur Pelaksanaan Ujian, Dokumen Wajib, Prokes

Teknik yang disampaikan oleh Laelatus kerap disebut teknik mindfulness.

Laelatus menjelaskan bahwa teknik mindfulness yakni teknik menenangkan diri dengan menyadari sepenuhnya emosi yang dirasakan.

Para peserta UTBK diminta untuk menarik napas dalam-dalam dan menyadari jika dirinya sedang deg-degan atau grogi.

Mindfulness itu dengan menyadari diri kita. Kita cukup menyadari apa yang kita rasakan, nggak perlu kita harus begini begitu, tapi cukup kaya oke saya deg-degan, napas saya terengah-engah, lalu kita duduk dengan nyaman, kemudian atur napas,” jelas Laelatus, dilansir dari laman UNS saat mengisi live di Instagram @spmbuns.

Setelah menyadari apa yang sedang dirasakan, langkah yang harus dilakukan yakni mengatur napas. Napas dikendalikan supaya tidak terburu-buru.

Pertama, ambil napas secara mendalam dari hidung selama tiga detik. Setelah itu, embuskan napas selama tiga detik pula. Pengaturan napas tersebut dapat membuat detak jantung kembali normal.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.