Kompas.com - 17/05/2022, 10:12 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya kecelakaan lalu lintas, peristiwa ini juga bisa terjadi saat bekerja bahkan saat berada di obyek wisata sekalipun.

Seperti yang terjadi di Kenjeran Park Surabaya beberapa waktu lalu. Beberapa pengunjung terjatuh saat tengah bermain seluncuran air di area Kenjeran Park Surabaya.

Salah satu dokter spesialis bedah Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr. Andi Abdillah mengimbau pada masyarakat untuk bertindak tepat jika berada di situasi seperti itu.

Menurutnya, kecelakaan dapat menyebabkan luka ringan hingga luka berat.

Baca juga: Siswa, Tahukah Kamu 7 Tempat di Dunia Ini Terlarang untuk Dikunjungi?

Jangan panik

Dalam menghadapi kondisi tersebut, masyarakat awam diharap tidak melakukan hal-hal yang malah memperparah keadaan hingga nanti petugas medis datang.

Ia memberikan beberapa langkah pertolongan pertama untuk mencegah risiko yang lebih parah bagi korban kecelakaan.

"Hal pertama dan utama adalah jangan merasa panik. Kita harus bisa mengontrol diri sebagai orang yang ingin menolong agar tindakan yang diperbuat bisa baik pula," urai Andi seperti dikutip dari laman UMM, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Waspadai 8 Gejala Hepatitis Akut pada Anak

Masyarakat yang berada dalam kondisi tersebut, bisa memposisikan diri sebagai leader di lokasi kejadian. Sebisa mungkin, minta orang lain untuk ikut tenang dan jangan panik.

"Selain itu juga menunjuk satu dua orang untuk segera menghubungi pihak medis atau rumah sakit," tuturnya.

Periksa kesadaran korban

Dia menambahkan, langkah lain yang harus dilakukan jika mengalami situasi kecelakaan seperti itu yakni periksa kesadaran korban.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.