Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Intip Info Indekos Dekat ITS dan Biaya Sewanya

Kompas.com - 18/05/2022, 10:08 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang tahun ajaran baru di jenjang perguruan tinggi, salah satu informasi penting yang dicari calon mahasiswa yakni indekos atau area kos-kosan.

Apalagi bagi calon mahasiswa yang kampusnya berada jauh dari rumah atau bahkan berbeda pulau, menyewa kamar kos harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Ada banyak pertimbangan dalam mencari kamar kos. Salah satunya biaya sewa per bulan, jarak ke kampus hingga kenyamanan lingkungan.

Bagi kamu calon mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, ada informasi lokasi indekos yang paling cocok. Informasi indekos ini sangat membantu karena ITS juga sudah memberlakukan sistem belajar luring.

Baca juga: Kisah Atlet Difabel, Berjuang Ikuti UTBK SBMPTN 2022 di Unnes

Area kos ideal di seputar kampus ITS

Melansir dari laman ITS, Selasa (17/5/2022) memberikan informasi lokasi indekos ideal bagi para calon mahasiswa ITS.

Ada beberapa daerah yang menjadi pusat tempat tinggal para mahasiswa ITS. Mulai dari daerah Gebang, Keputih, Mulyosari, dan Asrama ITS.

Tarif tempat tinggal yang ditawarkan juga beragam, bergantung pada fasilitas yang ditawarkan seperti penggunaan kamar mandi, air conditioner (AC), hingga biaya listrik, air, dan internet.

Mengulas daerah favorit bagi mahasiswa ITS yakni di daerah Gebang. Letaknya sangat dekat dengan ITS, yaitu sisi barat gerbang utama atau Bundaran ITS.

Daerah ini memiliki kondisi permukiman yang cukup padat dan jalan yang sempit.

"Variasi harga indekos di Gebang juga beragam, mulai dari 500 ribu kebawah pun ada," terang Devi Nur, mahasiswa Departemen Statistika 2020, salah satu mahasiswa yang indekos di Gebang.

Baca juga: Pengamat UGM Komentari Penyesuaian Tarif Listrik Progresif

Biaya sewa harga kamar kos di seputar kampus ITS

Berpindah ke daerah yang paling diminati selanjutnya, Keputih. Berada di dekat gerbang belakang ITS, aksesnya ke kampus masih tergolong mudah.

Mahasiswa Magister, Aruni Rahmaniar mengungkapkan, daerah ini ramai dan terkenal karena segala kebutuhan tersedia. Salah satunya banyak ditemukan supermarket yang cukup besar.

"Biaya indekos saya, Rp 2 juta per tiga bulan. Di Keputih juga banyak indekos dengan harga mulai 500 ribu," ungkap Aruni.

Masih di lingkup luar kampus, daerah Mulyosari juga perlu dipertimbangkan.

Menurut Zefanya Nouriel, mahasiswa Departemen Teknik Sipil, suasana di daerah tersebut relatif tidak terlalu padat dibandingkan dengan daerah lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com