Kompas.com - 18/05/2022, 18:51 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Air menjadi salah satu kebutuhan penting bagi umat manusia. Tidak hanya untuk menghidrasi tubuh, air juga dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari. Mulai dari mandi hingga memasak.

Meksi saat ini akses air bersih bisa dengan mudah diperoleh di beberapa daerah di Indonesia, namun penting juga bagi masyarakat untuk mengetahui ciri kualitas air yang bagus untuk dikonsumsi.

Dosen Program Studi (prodi) D4 Analis Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Andreas Putro Ragil Santoso memiliki tips mengetahui kualitas air yang sehat dan baik bagi tubuh.

Baca juga: 20 SMA Terbaik di DIY, Buat Rereferensi Daftar PPDB 2022

Tips ketahui kualitas air layak dikonsumsi

Andreas menjelaskan, ada lima tips yang harus diperhatikan untuk mengetahui air yang berkualitas. Kebersihan air yang dikonsumsi merupakan faktor penting kesehatan pada manusia.

"Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling dasar, air yang kita konsumsi diharapkan memiliki kualitas baik," terang Andreas seperti dikutip dari laman Unusa, Rabu (18/5/2022).

Dia menekankan, kualitas air adalah suatu ukuran kondisi air dilihat dari karakteristik fisik, kimia, dan biologi.

Baca juga: PPDB SMA/SMK DIY 2022: Catat Jadwal Penting Pelaksanaan ASPD

Tips mengetahui kualitas air menurut Andreas yakni:

1. Memperhatikan kebersihan air

Masyarakat penting untuk memperhatikan kualitas air yang dapat diminum. Pada air yang bisa diminum memiliki syarat, kadar E.coli dalam air-nya 0 untuk setiap 100 mili liter (ml) air.

2. Tidak berwarna atau keruh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.