Kompas.com - 19/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah lulus dari bangku perkuliahan, berbagai persiapan pastinya dilakukan para alumni.

Misalnya, memilih berkarier atau melanjutkan studi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Banyak pula program kampus, fakultas, yang menawarkan pelatihan kerja, kompetensi diri hingga informasi studi S2 atau S3 untuk membantu menentukan arah para alumni.

Salah satunya, sharing session bersama alumni membahas seputar persiapan bekerja. Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Universitas Airlangga (Unair).

Himpunan ini, membuka sharing session bagaimana bekerja di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ada dua alumni yang bekerja di perusahaan pelat merah ini.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Narasumber pertama, Ika Kumala Pramitasari, alumnus Program Studi Matematika Unair Tahun 2008 yang kini memegang jabatan sebagai Associate Mantri 1 di Bank BRI.

Menurut Ika, dalam rangka memulihkan perekonomian pasca-Covid-19, Bank BRI banyak memberikan bantuan kepada masyarakat.

“Untuk membantu memulihkan ekonomi pasca dampak Covid-19, BRI memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan bunga yang murah,” tutur Ika, dilansir dari laman resmi Unair, saat mengisi kegiatan yang dikemas lewat Himatika Sharing How to Prepare Yourself to Join BUMN, Sabtu (14/5/2022).

Sementara itu, menurut narasumber kedua yakni Laksanama Nugraseptadi, ada hal yang harus diketahui para mahasiswa.

Misalnya, peran BUMN di tengah masyarakat menyangkut perusahaan-perusahaan yang mengelola sumber daya yang dikelola oleh negara.

Selain itu, BUMN juga turut menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, serta BUMN sebagai salah satu sumber dari pendapatan negara.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.