Kompas.com - 19/05/2022, 16:56 WIB

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) menyatakan menerima Kartu Indonesia Pintar kuliah (KIP Kuliah) di seluruh jalur masuk Sarjana (S1) 2022.

"Kabar baik, Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran 2022 menerima KIP-K di seluruh jalur masuk sarjana," tulis Unpad melalui laman Instagram resmi.

Bagi kamu yang ingin masuk Unpad dengan KIP Kuliah, daftarkan dahulu diri kamu di laman KIP Kuliah Kemendikbud. Setelah itu, pada saat pendaftaran Unpad, pada bagian minat pilih opsi jalur KIP Kuliah. Lalu isi nomor KIP Kuliah kamu pada kolom 'Kartu Indonesia Pintar'.

Melansir laman KIP Kuliah Kemendikbud, pendaftaran KIP Kuliah masih akan terbuka untuk Seleksi Mandiri PTN dan PTS.

Baca juga: Agar Otak Optimal Saat UTBK 2022, Ahli Gizi: Pilih Menu Sarapan Ini

Pendaftaran KIP Kuliah Seleksi Mandiri PTN dibuka pada 1 Juni 2022 hingga 7 Oktober 2022. Sementara untuk Seleksi Mandiri PTS dibuka pada 8 Juni 2022 hingga 31 Oktober 2022.

Unpad sendiri telah membuka pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Program Sarjana Terapan mulai 1 Maret 2022 hingga 27 Juni mendatang. Informasi pendaftaran SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan dapat dilihat pada laman http://smup.unpad.ac.id/ 

Kuliah gratis sampai lulus dan dapat biaya hidup bulanan

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Kahar menyatakan KIP Kuliah 2022 dapat digunakan baik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya,” terang Kahar seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Setiap mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka di tahun 2022 akan mendapatkan jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi).

Mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka juga mendapatkan bantuan biaya hidup yang sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.