Kompas.com - 25/05/2022, 06:22 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi siswa Sekolah Dasar (SD) banyak pelajaran yang mulai dikenalkan. Salah satunya adalah pelajaran Matematika.

Perlu diketahui bahwa numerasi adalah kecakapan fundamental yang dapat membekali siswa untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari.

Agar siswa tidak beranggapan bahwa Matematika merupakan pelajaran yang menyeramkan, orangtua perlu membantu mengenalkan Matematika dengan cara menyenangkan.

Bahkan orangtua bisa menggunakan media yang ada di sekitar atau ada di dalam rumah. Dengan cara sederhana, anak bisa belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: Kampus Mengajar Angkatan 4 Segera Dibuka, Cek Syaratnya

Belajar menghitung yang menyenangkan bagi siswa SD

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (24/5/2022), berhitung menjadi salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki seseorang. Pasalnya, hampir dalam setiap sendi kehidupan membutuhkan kemampuan hitung dasar.

Berikut ini beberapa media ataupun aktivitas yang bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan hitung dasar kepada anak.

1. Jam dinding

Selain untuk mengajarkan waktu, jam dinding bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan penjumlahan atau pengurangan sederhana.

Caranya dengan memberikan soal 3 + 6 = anak dapat melihat angka 3 pada jam, kemudian menghitung 6 langkah searah jarum jam sampai di angka 9.

Baca juga: Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship untuk D3-S3, Cek Syaratnya

Dengan cara ini, anak bisa menyimpulkan bahwa 9 adalah hasil dari 3 ditambah 6. Sedangkan untuk pengurangan, anak akan mengitung berlawanan arah jarum jam dengan melihat angka pada jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.