Kompas.com - 25/05/2022, 15:27 WIB

KOMPAS.com - Teknologi bergerak ke arah yang semakin maju. Kehidupan kini tak hanya ada di dunia nyata, namun juga dunia maya.

Meski teknologi memudahkan berkomunikasi, memudahkan persebaran informasi, memudahkan proses pembelajaran, hingga menstimulasi otak untuk menumbuhkan kreativitas. Namun, jika tidak dikontrol, teknologi justru bisa membawa dampak negatif bagi anak-anak.

Sebut saja kecanduan teknologi yang mengakibatkan kelelahan fisik, gangguan sosial yang membuat anak menjadi kesulitan bergaul di dunia nyata, hingga menyebabkan anak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Baca juga: 5 Cara Efektif Hadapi Anak Malas Belajar, Bukan Dimarahi

Itulah mengapa, orangtua memiliki peran tanggung jawab yang penting dalam pengawasan anak, termasuk di dunia maya.

Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak di era digital? Berikut dirangkum dari laman Ditsmp Kemendikbud Ristek:

1. Memantau jenis konten yang dilihat anak

Terkadang anak-anak menggunakan teknologi media digital tanpa pengawasan. Jika tidak dipantau, dikhawatirkan mereka bisa mengakses konten-konten negatif ataupun konten yang belum sesuai dengan usia sang anak.

Orangtua harus memantau dan juga mengarahkan anak-anak dalam hal penggunaan perangkat dan media digital.

2. Imbangi dengan aktivitas dunia nyata

Tak jarang anak-anak keasyikan jika sudah bermain dengan perangkat digital. Bahkan, apabila sudah kecanduan bisa membuat sang anak kurang berinteraksi dengan dunia yang sebenarnya.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Orangtua bisa mengajarkan anak untuk menyeimbangkan antara menggunakan teknologi digital dengan memperkenalkan aktivitas-aktivitas lainnya seperti berkebun, bersosialisasi dengan tetangga, ataupun berolahraga.

3. Memilihkan aplikasi yang positif untuk anak

Teknologi bagaikan pedang bermata dua. Di lain sisi bisa bermanfaat untuk hal-hal yang positif, namun bisa juga digunakan untuk hal-hal yang negatif.

Maka dari itu peran orang tua sangatlah penting dalam mengarahkan anak menggunakan aplikasi-aplikasi yang positif, terutama dalam hal pembelajaran.

4. Menggunakan perangkat digital dengan bijaksana

Orangtua juga harus memberikan contoh penggunaan perangkat digital yang bijaksana. Seperti meletakkan perangkat komputer di ruang terbuka yang mudah dilihat, tidak menggunakan perangkat digital pada saat berinteraksi atau berkegiatan dengan orang lain, tidak menggunakan perangkat digital sebelum tidur, atau mengatur batasan penggunaan perangkat digital secara seimbang sesuai usia anak.

Baca juga: Syarat Usia untuk Masuk PAUD, SD, SMP di PPDB Jakarta 2022

5. Menelusuri kegiatan anak di dunia maya

Terkadang orangtua tidak mengetahui hal apa saja yang diakses di dunia maya. Orangtua dapat memantau dan mengarahkan situs web dan media sosial yang mendukung tumbuh kembang anak, dan pastikan anak tidak mengunjungi situs yang tidak sesuai usia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.