Kompas.com - 27/05/2022, 10:55 WIB
|

KOMPAS.com - Apakah siswa SMP pernah melihat seni pertunjukan gerak tubuh tanpa berbicara? Jika pernah, seni tersebut dinamakan dengan pantomim.

Tapi, apakah kamu sudah paham dengan pantomim? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (27/5/2022), ini penjelasannya.

Kata pantomim berasal dari bahasa Latin, yaitu pantomimus yang berarti meniru segala sesuatu. Pantomim merupakan suatu pertunjukan teater tanpa kata-kata atau dialog yang penampilannya lebih mengandalkan pada gerak tubuh, ekspresi wajah, dan biasanya diiringi dengan musik pendukung.

Baca juga: Ini Pengertian, Manfaat dan Fungsi Atmosfer yang Harus Dipahami Siswa

Adapun gerak tubuh bertugas menciptakan sesuatu yang tidak ada menjadi ada. Di sinilah seni dari pantomim tersebut.

Contohnya seperti seorang pantomim seolah-olah memegang gelas, membuka pintu, memegang kaca, duduk di kursi, dan juga sebagainya.

Selain gerak tubuh, pantomimers (sebutan untuk seorang pantomim) juga mengandalkan ekspresi wajah untuk menerangkan suatu keadaan seperti sedih, marah, kecewa, gembira, bingung, dan sebagainya.

Tentunya, pemain pantomim biasanya memiliki ciri khas tersendiri dalam mementaskannya, yakni riasan putih dengan celak hitam pada mata.

Selain itu, penampilan mereka umumnya mengenakan baju hitam putih bergaris horizontal ditambah dengan sarung tangan putih dan juga topi berwarna hitam.

Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman kostum dari pemain pantomim itu sendiri juga semakin bervariasi.

Tahap latihan pantomim

Bagi siswa yang ingin belajar pantomim, berikut ini adalah latihan-latihan yang harus dilakukan bagi seorang pantomim pemula:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.