Kompas.com - 29/05/2022, 19:27 WIB

KOMPAS.com - Program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar negeri.

Kesempatan ini, selalu diburu banyak mahasiswa yang ingin merasakan belajar di luar negeri.

Setiap tahunnya, pendaftaran IISMA selalu ramai peminat. Tak heran, persaingan untuk mendapatkan beasiswa ini sangat tinggi.

IISMA sendiri merupakan program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: Mahasiswa UI Terbanyak Lolos IISMA 2022, Lanjut Kuliah ke Amerika hingga Eropa

Program ini menjadi bagian dari rangkaian Kampus Merdeka yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan studi di luar negeri selama 6 bulan.

Lalu, bagaimana agar lolos IISMA? apa saja yang harus disiapkan?

Tiga Awardee IISMA 2022 dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni Miranda Betsheba Gabriella dari program studi Manajemen 2020, Muhammad Luqman dari program studi Desain Interior 2020, dan Galuh Mawarni Matahariputri dari Program Studi Desain Komunikasi Visual 2020 punya jawabannya.

Ketiganya, diumumkan lolos IISMA pada Minggu (14/5/2022). Miranda lolos untuk pertukaran pelajar ke University of Liverpool (Inggris), sementara Luqman ke Univerity De Granada (Spanyol), dan Galuh ke University of Adelaide (Australia).

Miranda, Luqman, dan Galuh kerap membagikan tips dan trik yang mereka lakukan sehingga dapat lolos menjadi Awardee IISMA 2022.

Baca juga: Ada 2 Jenis LoA untuk Daftar Beasiswa, Begini Cara Mendapatkannya

Menurut Miranda, ada tiga poin yang penting diperhatikan dalam mendaftar IISMA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.