Kompas.com - 30/05/2022, 17:38 WIB

KOMPAS.com - Setelah penurunan kasus Covid-19, prospek industri kuliner dinilai makin melaju kencang.

Prof. Hardinsyah, Guru Besar Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) University berbagi pengetahuannya terkait prospek industri kuliner pasca pandemi Covid-19.

Ia mengatakan, menjelang tahun 2022, pertumbuhan sektor pangan dan pertanian cukup menggembirakan. Perkiraan berikutnya pada tahun ini dan yang akan datang, peningkatannya dapat mencapai sekitar lima persen.

Berdasarkan Laporan dari Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), pertumbuhan industri pangan Indonesia dapat mencapai 5-7 persen.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Modal Usaha? Ini Syarat Dapat Dana hingga Rp 20 Juta

Bahkan, pada kuartal kedua tahun 2022, peningkatannya sudah mencapai 5 persen.

“Saya juga yakin setelah melihat kondisi pasca lebaran, sektor pangan dan kuliner semakin membaik. Pasca tahun 2022, saya juga yakin pertumbuhan industri pangan bisa mencapai 10 persen menjelang tahun 2030,” katanya, dilansir dari laman IPB University.

Namun demikian, sektor industri kuliner juga memiliki tantangan tersendiri. Prof Hardinsyah menyebut, suplai bahan baku dari industri pangan merupakan kunci dari perkembangan industri kuliner.

Tidak hanya itu, kemajuan industri kuliner, terutama pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memerlukan dukungan dari industri pangan karena hubungan erat ini.

“Industri pangan besar dapat mendukung dan mendapatkan inovasi kuliner tradisional dari UMKM dan sebaliknya, dapat memberikan akses mudah terhadap bahan baku industri. Sistem logistik harus semakin baik, kolaborasi antara industri pangan dan usaha-usaha kuliner kecil juga penting,” terangnya.

Di samping memanfaatkan platform digital, penting juga untuk mengombinasikan berbagai budaya.

Baca juga: Guru Besar IPB: Manfaat Spirulina dari Anti-jerawat hingga Anti-kanker

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.