Kompas.com - 31/05/2022, 06:10 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belakangan ini, masyarakat Indonesia terus mengikuti perkembangan pencarian anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa disapa Eril.

Eril dikabarkan hilang saat berenang Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022) silam. Eril dan keluarga berada di Swiss untuk mencari universitas ke jenjang S2.

Perlu diketahui bahwa Eril saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir di program studi (prodi) Teknik Mesin Fakultas Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB).

Bagi siswa yang tertarik masuk ke jurusan Teknik Mesin khususnya di ITB, berikut penjelasan lengkap mengenai jurusan pilihan Eril.

Baca juga: Pakar UGM Ungkap Penyebab Fenomena Hawa Dingin

Prodi Teknik Mesin ITB

Dilansir dari laman resmi Fakultas Mesin dan Dirgantara ITB, Senin (30/5/2022), Fakultas Mesin dan Dirgantara ITB terdiri dari tiga program studi yakni Teknik Dirgantara, Teknik Material dan Teknik Mesin.

Prodi teknik mesin cocok bagi siswa yang punya hobi mengotak-atik mesin. Program studi Teknik Mesin ITB bertujuan mendidik mahasiswa dalam pengembangan sikap dan keterampilan profesional dalam bidang Teknik Mesin sehingga mampu beradapatasi serta mengembangkan diri pada perkembangan ilmu dan teknologi baru.

Pada program studi ini para mahasiswa akan mempelajari berbagai hal. Seperti konversi energi yang berkonsentrasi pada mesin-mesin konversi energi seperti motor bakar, sistem termal, mesin fluida seperti mesin fluida, dan lain-lain.

Selain itu mahasiswa prodi Teknik Mesin juga akan belajar bagaimana merancang suatu mesin yang efisien, mulai dari gambar teknik, modeling, simulasi sampai pembuatan prototipe mesin tersebut.

Baca juga: Jadwal dan Syarat Seleksi Mandiri UNY 2022, Ada yang Pakai Skor UTBK

Ada juga ilmu tentang teknik produksi mesin, serta ilmu dan teknik material. Berbeda dari yang dipelajari mahasiswa yang memilih prodi Teknik Material, ilmu material yang dipelajari difokuskan pada bagaimana suatu jenis bahan memenuhi fungsi tertentu atau kualifikasi suatu peralatan mesin.

Misalnya meneliti material yang ringan, kuat dan tahan pada temperatur tinggi untuk kebutuhan sudu turbin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.