Kompas.com - 31/05/2022, 17:34 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebentar lagi tahun ajaran baru 2022/2023 akan dimulai. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang dinanti-nanti para calon mahasiswa baru.

Mereka akan merasakan suasana baru setelah sah menjadi seorang mahasiswa. Sama seperti siswa yang akan memasuki tahun ajaran baru, calon mahasiswa baru juga butuh beberapa persiapan lho sebelum perkuliahan dimulai.

Selain mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan administrasi dan pendaftaran kampus, mahasiswa baru juga perlu mempersiapkan banyak hal lainnya untuk menunjang kehidupan di lingkungan baru.

Berbagai persiapan ini penting agar calon mahasiswa siap 100 persen menyambut masa pendidikan tingginya. 

Baca juga: Wilmar Group Buka Lowongan Kerja D3/S1, Fresh Graduate Bisa Daftar

Tips persiapan masuk kuliah

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Selasa (31/5/2022), menginformasikan beberapa tips persiapan yang perlu dilakukan para calon mahasiswa sebelum mengikuti perkuliahan. Mau tahu apa saja persiapannya, mari simak bersama informasi berikut ini:

1. Selesaikan proses administrasi pendaftaran

Banyak kampus yang mamiliki kebijakan agar mahasiswa dapat menyelesaikan persyaratan administrasinya secara bertahap hingga mendekati dimulainya tahun ajaran baru.

Bagi kamu yang belum menyelesaikan proses pendaftaran, proses administrasi harus segera dituntaskan. Seperti pembayaran biaya kuliah, pendaftaran ulang, pengumpulan berkas, hingga tes kesehatan.

2. Beli perlengkapan kuliah sesuai kebutuhan

Umumnya, keperluan perkuliahan tidak akan sebanyak masa SMA dulu. Namun, ada beberapa jurusan yang memang memiliki kewajiban untuk memiliki beberapa barang sebelum masuk kuliah.

Baca juga: Jadwal dan Syarat Seleksi Mandiri UNY 2022, Ada yang Pakai Skor UTBK

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.