Kompas.com - 05/06/2022, 21:44 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini banyak sekali program beasiswa luar negeri yang bisa dimanfaatkan para mahasiswa.

Program beasiswa yang ditawarkan pun beragam, ada yang memberikan beasiswa penuh atau beasiswa sebagian.

Namun sudah menjadi rahasia umum bahwa mendaftar beasiswa luar negeri banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi.

Jika kamu tertarik mendaftar beasiswa luar negeri dan menambah pengalaman selagi muda, mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membagikan sejumlah tips.

Baca juga: Dokter Undip Ungkap Konsumsi Obat Hipertensi Tidak Merusak Ginjal

Tips raih beasiswa luar negeri

Mahasiswa prodi S1 Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Syifaa Khoirunnisaa berhasil mendapat beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 di Palacky University Olomouc, Ceko.

Tak hanya Syifa yang berhasil lolos beasiswa IISMA 2022, tapi ada dua mahasiswa lainnya yang berhasil lolos beasiswa yang sama tahun ini.

Dua mahasiswa Unesa yang lolos IISMA 2022 yaitu Dara Nabila Salsabyla dari S1 Ilmu Komunikasi mendapat beasiswa ke Universidad de Granada atau University of Granada (UGR), Spanyol. Dan satu rekannya Daffa Putra Amrullah Sigit dari S1 Pendidikan Bahasa Inggris dapat beasiswa ke University of California-Davis (UC Davis), Amerika Serikat.

Baca juga: Dosen Unpad Galang Donasi Bantu UKT Mahasiswa dengan Berlari 63 Km

1 Sertifikat bahasa asing

Syifa menjelaskan, salah satu syarat utama yang harus dimiliki untuk mengejar beasiswa ke luar negeri yaitu punya kemampuan bahasa asing. Jika kamu ingin kuliah di negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa berkomunikasi, persiapan yang harus dilakukan jauh-jauh hari yaitu belajar bahasa Inggris.

Sembari belajar, kamu juga bisa latihan menjawab soal tes bahasa Inggris. Misalnya yang digunakan pada TOEFL atau IELTS. Selain itu, juga perlu sesekali mengikuti tesnya langsung sampai nilai atau skor yang diperoleh di atas standar minimal untuk mendaftar beasiswa luar negeri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.