Kompas.com - 07/06/2022, 11:15 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia. Bagi siswa sekolah apakah sudah paham? Tentu di sekolah sudah diajarkan untuk menjaga lingkungan hidup.

Ada banyak cara untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap lestari hingga masa depan. Salah satu caranya ialah tidak membuang sampah secara sembarangan. Cara ini sudah diajarkan sejak dini.

Tapi, ada langkah-langkah lain untuk menjaga pelestarian lingkungan hidup. Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Minggu (5/6/2022), ini langkah melestarikan lingkungan yang bisa dilakukan oleh siswa/pelajar.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Cara melestarikan lingkungan

1. Tidak buang sampah sembarangan

Langkah ini selalu diajarkan sejak dini oleh orangtua kepada anaknya. Sebab, sampah masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh Indonesia.

Terlebih masih banyak masyarakat Indonesia yang belum membuang sampah secara tertib di tempatnya. Karenanya, siswa SMP mungkin pernah melihat masyarakat yang tinggal di bantaran sungai membuang sampah sembarangan ke aliran sungai.

Hal ini kemudian mengakibatkan air sungai menjadi tercemar, aliran sungai pun menjadi terhambat dan berpotensi mengakibatkan banjir di wilayah tersebut. Selain itu, lingkungan juga menjadi tidak sehat karena banyak sampah yang mengapung di pinggir sungai.

2. Tidak membakar sampah

Pernahkah siswa mendapati tetangga sekitar rumah yang membakar sampah? Padahal sebenarnya aktivitas membakar sampah sangat tidak disarankan. Membakar sampah dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon.

Sedangkan ozon berfungsi untuk:

  • mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi
  • menyerap sinar ultraviolet
  • menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil
  • melindungi permukaan Bumi dari benda-benda langit yang jatuh

Baca juga: Tiket Naik Candi Borobudur Rp 750.000, Siswa Ayo Belajar Sejarahnya

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.