Kompas.com - 07/06/2022, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Kesenian dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia.

Kesenian merupakan produk budaya bangsa. Semakin tinggi nilai kesenian satu bangsa, semakin tinggi nilai budaya yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya warisan leluhur.

Sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan tradisi Nusantara melalui beragam seni dan budaya kepada masyarakat di era yang kian modern, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) mengadakan pagelaran seni budaya “Minggu Semata Wayang", Minggu (29/05/2022).

Menampilkan Wayang Kulit Purwa, Wayang Potehi, Karawitan Jawa, Tari Shiu Pat Mo, juga memberikan pelatihan dan penampilan Batik Depok.

Baca juga: Kemendikbud Ajukan 4 Warisan Budaya ke UNESCO, Tempe hingga Reog

Dalang pertunjukan wayang tersebut adalah Fakih Tri Sera Fil Ardhi, mahasiswa Prodi Sastra Jawa FIB UI Angkatan 2019.

Selain workshop batik, juga ditampilkan peragaan busana motif Batik Depok oleh Ratna Batik and Craft. Batik Depok mengangkat motif-motif yang terinspirasi dari budaya dan hasil alam masyarakat Depok, seperti Gong Si Bolong, Topeng Cisalak, Belimbing Dewi, ikan manfish, dan lain-lain.

Kegiatan ini terselenggara berkat kolaborasi Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya (PPKB) FIB UI, Program Studi (Prodi) Sastra Jawa FIB UI, Sanggar Budaya Rumah Cinwa, Sanggar Panji Laras, Kelompok Jatijajar Laras, Ratna Batik and Craft, dan masyarakat Setu Jatijajar.

Kepala PPKB FIB UI, Ari Prasetiyo yang juga merupakan pengajar di Prodi Sastra Jawa, menyampaikan bahwa FIB UI mendukung penuh upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya terutama seni tradisi, seperti wayang, karawitan, tarian, maupun batik.

Dalam seni budaya tersebut, terkandung nilai-nilai luhur yang penting bagi kehidupan.

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Generasi penerus bangsa, lanjut dia, harus menjaga, merawat, melestarikan, serta mengembangkannya agar tidak punah seiring berkembangnya zaman.

"Selain kegiatan penelitian, program kegiatan PPKB lainnya adalah pelestarian serta pengembangan seni budaya tradisional, dan pemberdayaan ekonomi kreatif/UMKM dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Prasetiyo seperti dilansir dari laman UI.

Ketua Prodi Sastra Jawa FIB UI, Munawar Holil mengatakan bahwa acara ini menjadi salah satu bukti bahwa FIB UI tidak hanya memberikan pendidikan secara akademis kepada mahasiswanya, tetapi juga berperan penting dalam memperkenalkan seni dan budaya Indonesia kepada masyarakat luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.