Kompas.com - 12/06/2022, 19:29 WIB
|

KOMPAS.com - Tidak hanya anak IPA, tetapi siswa dari Jurusan IPS juga punya prospek kerja yang luas. Tentu, semua tergantung dari bakat dan minat masing-masing.

Bagi siswa dari rumpun IPS atau sosial dan humaniora (soshum) kini kian beragam pilihan kariernya seiring dengan semakin variatifnya jenis pekerjaan.

Jika kamu anak IPS, kira-kira apa pekerjaan yang cocok dengan impianmu? Apakah kamu sudah paham nanti ingin bekerja sebagai apa?

Baca juga: 15 Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

Melansir laman Quipper Campus, ini 7 karier yang cocok bagi anak IPS:

Pekerjaan untuk anak IPS

1. Psikolog

Pilihan karier yang pas bagi anak IPS adalah menjadi psikolog. Jika kamu tertarik menjadi psikolog, maka kamu harus kuliah S1 di Jurusan Psikologi. Kamu juga bisa melanjutkan pendidikan program profesi yang setara dengan S2 di Fakultas Psikologi.

Nantinya, kamu juga bisa memilih jenis konsentrasi keilmuan yang sesuai dengan minatmu seperti Psikolog Anak, Industri, Klinis atau Perkembangan.

Menjadi psikolog profesional yang melayani konsultasi biasanya akan menerima pembayaran per jam ataupun sesuai dengan kontrak yang dibuat bersama klien.

2. Akuntan

Biasanya, untuk menjadi akuntan harus kuliah di Jurusan Ekonomi Akuntansi. Jika lulus S1 maka bisa menambah keahlian dengan mengambil kuliah profesi akuntan, yang biasanya selesai dalam 2 semester.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.