Kompas.com - 18/06/2022, 14:27 WIB
|

KOMPAS.com - Melakukan presentasi di depan kelas menjadi hal wajar bagi para mahasiswa. Sehingga keterampilan komunikasi dalam presentasi menjadi sesuatu hal penting yang perlu dimiliki mahasiswa.

Agar kamu bisa membawakan presentasi dengan baik dan mendapat nilai bagus, kamu bisa belajar tips sukses saat presentasi.

Kemampuan membawakan presentasi dengan baik ini tidak hanya bermanfaat selama kamu kuliah saja lho. Tetapi saat memasuki dunia kerja dan harus melakukan presentasi, kamu tidak lagi khawatir dan gugup.

Melansir dari laman Universitas Ciputra, Sabtu (18/6/2022), ada 6 tips sukses presentasi yang bisa dilakukan para mahasiswa. Mau tahu apa saja tips sukses membawakan presentasi tersebut? Simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Wujudkan Lingkungan Ramah Disabilitas, Unesa Kembangkan Program UDIM

Tips sukses presentasi bagi para mahasiswa

1. Menguasai intonasi dan kontrol suara

Dalam presentasi, kamu harus latihan kontrol suara. Berikan tekanan intonasi pada informasi yang penting dan adaptasi dengan situasi penonton.

Untuk mencuri perhatian, menggunakan suara keras di poin–poin tertentu pasti efektif. Untuk menguasai hal ini, sering-sering latihan simulasi presentasi sendiri agar lancar ke depannya.

2. Selalu persiapkan presentasi sesuai audience

Presentasi tidak bisa sembarangan. Agar sukses, pastikan persiapkan isi dan tampilan presentasi sesuai audience. Contoh, jika dalam event seminar untuk anak remaja, lebih baik pilih visual menarik dan materi bahasan yang ringan dan lebih humoris.

Untuk presentasi proyek organisasi, hal ini harus lebih serius. Material harus padat singkat tapi jelas dan informatif. Penyampaian juga lebih formal dan harus cepat tanpa buang waktu terlalu panjang. Jika mampu melakukan penyesuaian yang tepat, presentasi pasti mudah sukses.

Baca juga: Fenomena Remaja Hadang Truk, Ini Alasannya Menurut Pakar Unair

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.