Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Jam Tidak Terbuang Sia-sia asal Mahasiswa Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 19/06/2022, 17:31 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengerjakan tugas, belajar, menyempatkan waktu untuk istirahat sepertinya tidak akan cukup bagi para siswa atau mahasiswa.

Terkadang merasa waktu 24 jam sehari tidak cukup untuk melakukan semua aktivitas mereka. Padahal, bila dicermati lagi, ada cukup banyak waktu tersedia, hanya saja pengelolaannya yang tidak maksimal.

Terkadang pula, ada yang merasa terlalu banyak waktu luang. Padahal setelah dilihat lagi, ternyata banyak waktu terbuang percuma padahal bisa dimanfaatkan untuk hal berguna.

Baca juga: Segini Kisaran Biaya Hidup dan Kos Mahasiswa di Yogyakarta

Dilansir dari laman Itjen Kemendikbud Ristek, bagi kamu para pelajar dan mahasiswa, ada beberapa tips agar kamu bisa mengelola waktu dengan baik. Bahkan, dengan kegiatan-kegiatan ini menguntungkan 24 jam milikmu. Ini daftarnya:

1. Membuat jadwal kegiatan

Untuk kalian yang mudah lupa, disarankan untuk membuat jadwal kegiatan. Dengan membuat daftar kegiatan yang kalian lakukan di kertas, kalender, atau aplikasi yang dapat mencatat jadwal kegiatan di smartphone kalian.

Hal ini dapat memudahkan kalian yang mudah lupa dengan kegiatan yang direncanakan, ini juga dapat membuat aktivitas keseharian kalian lebih terstruktur.

2. Menentukan kegiatan yang paling penting

Dengan menentukan kegiatan yang paling penting sangat berguna untuk kalian. Korbankanlah salah satu kegiatan, jika ada dua kegiatan atau lebih bersinggungan.

Baca juga: Ners Unair: Ini 3 Jenis Makanan Penyebab Kanker Usus Besar

Jangan ceroboh dalam mengambil keputusan, pikirkanlah secara matang dalam mengambil keputusan untuk kalian pertimbangkan.

3. Memaksimalkan waktu luang

Jika kalian ingin lebih terstruktur, manfaatkanlah waktu luang yang kalian punya untuk mencicil tugas kuliah ataupun sekolah atau melakukan kegiatan bermanfaat yang dapat menambah ilmu kalian seperti membaca buku.

4. Mempunyai waktu untuk beristirahat

Merencanakan waktu istirahat saat akhir pekan ialah salah satu cara yang perlu di terapkan untuk kalian pelajar ataupun mahasiswa.

Baca juga: 5 Channel YouTube yang Asyik buat Belajar di Rumah, Apa Saja?

Kalian dapat memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati hiburan seperti menonton film kesukaan kalian, atau bertemu dengan keluarga dan teman kalian.

5. Mengasah keterampilan atau ilmu sehari-hari

Manfaatkanlah waktu kalian dengan mengasah hal-hal kecil seperti membersihkan rumah, memasak, mencuci, atau mengasah hobi yang kalian minati.

Itu tadi tipsnya untuk memanfaatkan waktumu. Kamu mau praktekkan tips yang mana?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com