Kompas.com - 19/06/2022, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Mengerjakan tugas, belajar, menyempatkan waktu untuk istirahat sepertinya tidak akan cukup bagi para siswa atau mahasiswa.

Terkadang merasa waktu 24 jam sehari tidak cukup untuk melakukan semua aktivitas mereka. Padahal, bila dicermati lagi, ada cukup banyak waktu tersedia, hanya saja pengelolaannya yang tidak maksimal.

Terkadang pula, ada yang merasa terlalu banyak waktu luang. Padahal setelah dilihat lagi, ternyata banyak waktu terbuang percuma padahal bisa dimanfaatkan untuk hal berguna.

Baca juga: Segini Kisaran Biaya Hidup dan Kos Mahasiswa di Yogyakarta

Dilansir dari laman Itjen Kemendikbud Ristek, bagi kamu para pelajar dan mahasiswa, ada beberapa tips agar kamu bisa mengelola waktu dengan baik. Bahkan, dengan kegiatan-kegiatan ini menguntungkan 24 jam milikmu. Ini daftarnya:

1. Membuat jadwal kegiatan

Untuk kalian yang mudah lupa, disarankan untuk membuat jadwal kegiatan. Dengan membuat daftar kegiatan yang kalian lakukan di kertas, kalender, atau aplikasi yang dapat mencatat jadwal kegiatan di smartphone kalian.

Hal ini dapat memudahkan kalian yang mudah lupa dengan kegiatan yang direncanakan, ini juga dapat membuat aktivitas keseharian kalian lebih terstruktur.

2. Menentukan kegiatan yang paling penting

Dengan menentukan kegiatan yang paling penting sangat berguna untuk kalian. Korbankanlah salah satu kegiatan, jika ada dua kegiatan atau lebih bersinggungan.

Baca juga: Ners Unair: Ini 3 Jenis Makanan Penyebab Kanker Usus Besar

Jangan ceroboh dalam mengambil keputusan, pikirkanlah secara matang dalam mengambil keputusan untuk kalian pertimbangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.