Ingin Bangun Personal Branding untuk Karier atau Bisnis? Daftar Webinar Kompas.com x TBI

Kompas.com - 22/06/2022, 13:19 WIB

KOMPAS.com - Bila kamu merupakan pelajar yang sedang mencari beasiswa, atau lulusan baru yang tengah mencari kerja, atau malah sedang mengembangkan bisnis, saatnya membangun personal branding.

Pebisnis Adam Heitzman, mengartikan personal branding dalam bisnis sebagai upaya memproyeksikan sebuah merek dan nilai-nilainya kepada banyak orang dan memastikan bahwa target pasar mengetahui siapa kamu dan mengapa mereka harus memilih kamu ketimbang lainnya.

Tak hanya soal mengenalkan produk, personal branding juga bisa menjadi upaya mengenalkan kelebihan diri di tengah persaingan yang kian ketat.

Baca juga: TBI: Tips Membuat Konten Media Sosial yang Menarik lewat Teknik Brainstorming

 

Layaknya membangun sebuah "merek dagang" untuk diri sendiri, personal branding merupakan image yang ingin kita tampilkan kepada orang lain, bisa mengacu pada kepribadian, pendidikan, pengalaman, atau skill yang telah kita miliki.

Dengan kata lain, personal branding dapat menjadi wadah untuk mengenalkan keunikan serta kemampuan kita, yang bisa jadi lebih unggul dibanding lainnya.

Kaitannya dengan membangun keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, penggunaan struktur bahasa serta penggunaan kata – kata dalam mewakili personal branding sangatlah penting. Terdapat dua faktor yang perlu difokuskan dalam berbahasa Inggris yakni fluency dan accuracy.

Disampaikan Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communication Manager TBI bahwa apabila dua faktor tersebut sudah terintegrasi dalam proses mengasah kemampuan berbahasa Inggris, maka kita akan terbiasa membangun keterampilan komunikasi berbahasanya secara fasih dan mandiri.

Baca juga: TBI Dorong Kepala Sekolah dan Guru Bahasa Inggris Makin Profesional

 

Terlebih pada era digital sekarang ini, personal branding banyak digunakan untuk membangun impresi di dunia virtual.

“Jadilah individu yang unik berkualitas! Show and make yourself stand out in a crowd, jangan termakan kata – kata asal bisa. Berikan diri kita ruang untuk berkembang secara maksimal, maka output yang dikeluarkan pun akan sempurna,” tambah Diah yang juga aktif sebagai Public Relations di dunia pendidikan global.

Untuk membuat personal branding yang efektif, sebaiknya lebih dahulu melakukan sejumlah langkah, mulai dari mengenali diri sendiri, tujuan personal branding, target personal branding dan media yang akan digunakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.