Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

4 Jenis Konten Blog yang Bisa Mendorong Penjualan

Kompas.com - 23/06/2022, 06:20 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Di zaman yang serba digital, pemilik bisnis harus memahami konten kreatif seperti apa yang bisa menarik minat audiens untuk mendorong penjualan bisnis mereka.

Di antara banyaknya platform, blog menjadi salah satu favorit para pebisnis pemula yang ingin mempublikasikan usahanya. Hal ini lantaran ruang yang luas untuk menampilkan berbagai bentuk informasi, mulai dari tulisan, foto, ilustrasi, dan video.

Ada banyak sekali jenis konten kreatif yang bisa dijadikan konten blog untuk memperluas pasar potensial.

Bagi para pemilik bisnis yang ingin mulai mengembangkan laman blog, Anda bisa mencoba 4 jenis konten menarik untuk ditampilkan berikut ini:

1. Ulasan tentang Produk atau Jasa

Sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk atau jasa, kebanyakan calon
pelanggan akan mencari ulasan di berbagai platform online, termasuk blog. Menciptakan
konten kreatif dengan jenis ulasan ini tidak membutuhkan skill tertentu.

Online seller cukup mendeskripsikan produk atau jasanya secara detail dan menarik dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Di samping mengulas produk secara mandiri, online seller juga bisa menciptakan segmen khusus yang berisikan ulasan-ulasan dari pelanggan. Langkah ini bisa meningkatkan nilai kredibilitas terhadap bisnis Anda.

2. Tutorial, Tips and Trick

Konten yang berupa tutorial dan juga tips and trick bisa menjadi angin segar bagi sebuah
blog.

Pasalnya, Anda bisa mengombinasikan antara artikel dengan video yang menunjukkan
keunikan dan kelebihan dari fungsi produk yang dijual.

Konten sejenis ini bisa menjadi nilai tambah yang mendorong keinginan calon pelanggan untuk merasakan langsung pengalaman dengan produk yang ditampilkan.

3. Kumpulan Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)

Sebagian orang merasa enggan untuk mengutarakan pertanyaan secara langsung, sehingga
mereka memilih untuk berselancar ke internet demi mencari jawabannya.

Adanya segmen Frequently Asked Question (FAQ) tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan akan membantu menjawab pertanyaan dan keragu-raguan yang dimiliki oleh pelanggan.

Segmen FAQ juga bisa meringankan pekerjaan Anda sebagai pemilik bisnis karena tidak harus
menjawab pertanyaan yang sama berulang kali.

4. Giveaway Produk

Jenis konten yang satu ini tidak asing lagi dan selalu ditunggu di kalangan pengguna media
sosial. Anda bisa mengarahkan pengguna media sosial untuk mengunjungi blog bisnis Anda
dan melakukan interaksi ataupun engagement di sana.

Sesuaikan momentum, syarat ketentuan, dan langkah partisipasi giveaway dengan target yang ingin dicapai, misalnya untuk mempromosikan produk atau jasa yang baru saja diluncurkan.

Konten giveaway juga terbukti bisa menggaet followers baru di media sosial, potensi customer baru, hingga meningkatkan trafik laman blog bisnis Anda.

Optimalisasi penulisan blog bisa memberikan banyak manfaat, termasuk bagi performa bisnis. Akan tetapi, tidak setiap orang memiliki kemampuan mendasar mengenai penulisan blog yang efektif.

Kognisi.id by Kompas Gramedia mengajak Anda untuk belajar bersama dalam kelas Prakerja “Menciptakan Konten Kreatif Melalui Blog”.

Difasilitasi oleh Chief Operating Officer (COO) Kompasiana Nurulloh, kelas ini akan menyuguhkan pengetahuan menyeluruh terkait strategi konten, konsep SEO, hingga langkah-langkah monetisasi pada blog. Selamat belajar!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com