Kompas.com - 24/06/2022, 16:20 WIB

KOMPAS.com - Era globalisasi kini telah menyentuh semua aspek kehidupan, termasuk bahasa. Bahasa merupakan penghubung antar manusia yang memiliki peran penting khususnya bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia oleh lebih dari satu miliar orang.

Sebagai bahasa pengantar global, pengaruh penggunaan bahasa Inggris terhadap kebutuhan industri menjadi sebuah tolak ukur bagi individu, bisnis, maupun dunia pendidikan demi menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni dan akses peluang yang lebih besar.

Bahasa Inggris bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi secara lisan namun juga visual dalam membentuk citra atau personal branding yang kuat mewakili personal maupun produk atau jasa.

Baca juga: TBI: Tips Membuat Konten Media Sosial yang Menarik lewat Teknik Brainstorming

Demi menjangkau pasar global, bahasa Inggris cenderung menjadi sebuah kebutuhan utama dalam membangun suatu personal branding.

Namun, membangun brand image di tengah masyarakat atau target pasar yang disasar, memerlukan sebuah pesan yang terstruktur, konsisten, dan positif.

Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris bersama TBI dan Kompas.com

Kolaborasi The British Institute atau lebih dikenal dengan TBI, bersama dengan Kompas.com sejak 2020 lalu mempunyai tujuan meleburkan serta memajukan pendidikan bahasa Inggris di Indonesia melalui program English Day yang diadakan setiap bulannya.

Program edukasi ini dikemas dalam format webinar interaktif yang menyasar generasi muda Indonesia yang tanggap akan kompetensi global, haus akan soft skill baru, serta ingin memperluas networking terutama di era digital saat ini.

Merebaknya fenomena penggunaan bahasa Inggris yang “instan” dan kurang memperhatikan akurasi, baik dalam penulisan serta pengucapan, banyak terjadi di masyarakat pada umumnya khususnya kalangan anak-anak muda saat ini yang mana hal ini tidak luput dari sorotan TBI.

English Day TBI x Kompas.com kali ini mengusung tema “How Accuracy Affects Personal Branding”, mengupas sejauh mana pentingnya pengaruh akurasi penggunaan bahasa Inggris dalam sebuah personal branding.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

“Sebuah konten maupun pengucapan dalam bahasa Inggris yang menunjang personal branding memerlukan strategi penyampaian yang tepat. Mendapatkan perhatian masyarakat dan menciptakan public trust adalah instrumen yang perlu menjadi sorotan dalam membangun personal branding yang kuat demi meraih tujuan yang ingin disampaikan," ujar Diah Pratiwi Soehendro selaku Marketing Communication Manager TBI.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.