Kompas.com - 27/06/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 40.594 calon mahasiswa akan memperebutkan 3.552 kuota mahasiswa baru yang disediakan Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui jalur Tes Berbasis Komputer (CBT) Ujian Masuk (UM) UGM 2022.

CBT UM UGM 2022 dilaksanakan selama 10 hari di Jakarta dan Yogyakarta, telah dimulai sejak 25 Juni hingga 4 Juli 2022 mendatang.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih mengatakan, UGM menyediakan kuota 40 persen untuk CBT UM UGM dari total 8.932 mahasiswa baru yang akan diterima.

Peni menyebutkan sebagian besar peserta memilih ikut ujian di Yogyakarta sebanyak 36.135 peserta sedangkan di Jakarta yang bertempat di UGM Kampus Jakarta sebanyak 6.091 peserta.

Baca juga: Jalur Mandiri UI 2022 Ditutup Hari Ini, Cek Syarat dan Cara Daftar

Peserta ujian terbagi dalam tiga kelompok yakni kelompok saintek 36.135 peserta, soshum 14.060 peserta, dan kelompok campuran 399 peserta.

“Ada 16 peserta dari kalangan berkebutuhan khusus,” ujarnya dilansir dari laman UGM.

Selama dua hari pertama pelaksanaan ujian, tidak ditemukan peserta yang melakukan tindak kecurangan seperti menyontek atau menggunakan jasa joki.

Untuk mengantisipasi hal tersebut panitia melakukan pemeriksaan peserta sebelum ujian berlangsung untuk deteksi dini tindak kecurangan.

“Selama pelaksanaan dua hari ini tidak ada kasus, kita harapkan sampai akhir ujian juga seperti itu. Kami juga mencoba untuk melakukan deteksi dini, agar hal semacam itu tidak terjadi,” paparnya.

Semetara itu, Rektor UGM, Prof. Ova Emilia, mengatakan bahwa pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kesiapan pelaksanaan CBT UM UGM hingga 4 Juli mendatang.

Baca juga: 13 PTN yang Masih Buka Jalur Mandiri Setelah Pengumuman SBMPTN 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.