Kompas.com - 29/06/2022, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Persentase peminatan prodi Sosial Humaniora (soshum) Universitas Diponegoro selalu menduduki peringkat atas di setiap pemilihan mahasiswa baru.

Peringkat paling atas adalah prodi Ilmu Komunikasi (FISIP), disusul peringkat kedua prodi Psikologi (Fakultas Psikologi), ketiga prodi manajemen (FEB), keempat prodi Hubungan Internasional (FISIP) dan peringkat kelima prodi Administrasi Bisnis (FISIP).

Prodi-prodi favorit tersebut tentu sudah lama dikenal oleh masyarakat dan dipilih oleh calon mahasiswa karena dipandang memiliki banyak peluang kerja di bidang pemerintahan, industri, media, maupun teknologi.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Undip 2022 Jalur SNMPTN dan SBMPTN

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undip Teguh Yuwono menuturkan dilihat dari kepercayaan masyarakat terhadap FISIP khususnya Ilmu Komunikasi memang dari tahun ke tahun mengalami kenaikan.

Kenaikan ini, karena pekerjaan di Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional dan Administrasi Bisnis adalah sektor-sektor yang cepat atau mudah terserap di pekerjaan.

Karena itu keyakinan para peminat bahwa prodi tersebut merupakan prodi yang laris di pasaran, cepat mendapatkan pekerjaan, cepat memberikan hasil positif.

Selain itu faktor peringkat dan prestige ptodi ini membuat mahasiswa baru makin yakin dengan pilihan masuk prodi-prodi tersebut.

Misalnya, prodi Ilmu Komunikasi yang telah terakreditasi internasional, tentu membuat tingkat kepercayaan calo mahasiswa baru semakin tinggi.

Baca juga: Ikut Jalur Mandiri UI? Ini Tata Cara Ujian Simak UI 2022 dan Materi Tes

“Kami akan selalu berbenah dan memperbaiki diri, baik dari aspek kurikulum, kompetensi, hasil pembelajaran maupun aspek jaringan di dalam pekerjaan. Respon kami tentu bangga dan berterima kasih karena apresiasi publik semakin meningkat," ujar Teguh dilansir dari laman FISIP Undip.

Ia mengatakan, Ilmu Komunikasi yang menjadi peringkat pertama sebagai pilihan tentunya memiliki jaringan yang luas, memiliki sumber daya manusia dan fasilitas yang bagus dengan karakter-karakter kepemimpinan yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.