Kompas.com - 29/06/2022, 19:23 WIB

KOMPAS.com- Sejalan komitmen untuk menjadi kampus hijau dan ramah lingkungan, Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) membangun ruang terbuka hijau di dua Kecamatan; Kecamatan Kebon Jeruk dan Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta.

Melalui rilis resmi (29/7/2022), Dewi Kumalasari, Kepala Unit Protokoler Ukrida menyampaikan, pembangunan taman bertujuan untuk penghijauan juga serta mempercantik tata kota.

Setelah perbaikan dan pemangkasan dilakukan di beberapa titik di Kecamatan Kebon Jeruk yang terletak di Fly Over Kebon Jeruk dan di Kecamatan Grogol Petamburan, maka mulai dilakukan penambahan dan penggemburan tanah.

Selanjutnya dilakukan pemilihan tanaman yang akan ditanam. Pada awal pertama, perawatan dilakukan Ukrida, sesudahnya perawatan ini rutin dilakukan, bekerja sama dengan Kelurahan Duri Kepa, berupa pemotongan rumput, pembersihan dan penyiraman secara berkala.

"Selain menciptakan kampus yang hijau, yaitu dengan cara memperbanyak tanaman yang tumbuh dan pembibitan di dalam lokasi kampus, Ukrida juga bekerjasama dengan Kecamatan sekitar untuk menciptakan ruang hijau terbuka," jelas Dewi Kumalasari.

"Ruang bersama ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat guna mencintai lingkungan yang sehat. Kondisi lingkungan yang asri dengan pepohonan hijau diibaratkan menjadi paru-paru bagi wilayah tersebut," tambahnya.

Harapan Ukrida, lanjut Dewi, upaya peningkatan penghijauan ini dapat dilakukan oleh setiap sivitas akademika Ukrida.

"Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi warga di lingkup internal, maupun eksternal agar terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan," tegas Dewi.

Raih penghargaan HUT DKI

Baca juga: Mahasiswa ITS Atasi Polusi Udara dari Kendaraan dengan Cara Ini

Memperingati HUT DKI pada tanggal 22 Juni 2022, Ukrida mendapat kehormatan hadir dalam upacara yang diadakan di Kecamatan Kebon Jeruk.

Upacara yang dilakukan secara serentak di seluruh kantor pemerintah DKI Jakarta ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada instansi/pribadi yang berkontribusi bagi wilayah/daerah/pemerintah.

"Hal ini menunjukkan bahwa Ukrida sangat peduli akan ruang terbuka yang asri. Kecamatan Kebon Jeruk juga pernah mendapatkan penghargaan dari Walikota dalam meningkatkan kerjasama dengan stakeholder di mana Ukrida menjadi salah satunya," jelas Dewi.

"Selain itu, Ukrida juga berkomitmen untuk mengimplementasikan pengembangan karakter guna mendorong mahasiswa selain unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu lingkungan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.