Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Ruang Terbuka Hijau, Ukrida Raih Penghargaan HUT DKI

Kompas.com - 29/06/2022, 19:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com- Sejalan komitmen untuk menjadi kampus hijau dan ramah lingkungan, Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida) membangun ruang terbuka hijau di dua Kecamatan; Kecamatan Kebon Jeruk dan Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta.

Melalui rilis resmi (29/7/2022), Dewi Kumalasari, Kepala Unit Protokoler Ukrida menyampaikan, pembangunan taman bertujuan untuk penghijauan juga serta mempercantik tata kota.

Setelah perbaikan dan pemangkasan dilakukan di beberapa titik di Kecamatan Kebon Jeruk yang terletak di Fly Over Kebon Jeruk dan di Kecamatan Grogol Petamburan, maka mulai dilakukan penambahan dan penggemburan tanah.

Selanjutnya dilakukan pemilihan tanaman yang akan ditanam. Pada awal pertama, perawatan dilakukan Ukrida, sesudahnya perawatan ini rutin dilakukan, bekerja sama dengan Kelurahan Duri Kepa, berupa pemotongan rumput, pembersihan dan penyiraman secara berkala.

"Selain menciptakan kampus yang hijau, yaitu dengan cara memperbanyak tanaman yang tumbuh dan pembibitan di dalam lokasi kampus, Ukrida juga bekerjasama dengan Kecamatan sekitar untuk menciptakan ruang hijau terbuka," jelas Dewi Kumalasari.

"Ruang bersama ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat guna mencintai lingkungan yang sehat. Kondisi lingkungan yang asri dengan pepohonan hijau diibaratkan menjadi paru-paru bagi wilayah tersebut," tambahnya.

Harapan Ukrida, lanjut Dewi, upaya peningkatan penghijauan ini dapat dilakukan oleh setiap sivitas akademika Ukrida.

"Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk menumbuhkan kesadaran bagi warga di lingkup internal, maupun eksternal agar terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan," tegas Dewi.

Raih penghargaan HUT DKI

Baca juga: Mahasiswa ITS Atasi Polusi Udara dari Kendaraan dengan Cara Ini

Memperingati HUT DKI pada tanggal 22 Juni 2022, Ukrida mendapat kehormatan hadir dalam upacara yang diadakan di Kecamatan Kebon Jeruk.

Upacara yang dilakukan secara serentak di seluruh kantor pemerintah DKI Jakarta ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada instansi/pribadi yang berkontribusi bagi wilayah/daerah/pemerintah.

"Hal ini menunjukkan bahwa Ukrida sangat peduli akan ruang terbuka yang asri. Kecamatan Kebon Jeruk juga pernah mendapatkan penghargaan dari Walikota dalam meningkatkan kerjasama dengan stakeholder di mana Ukrida menjadi salah satunya," jelas Dewi.

"Selain itu, Ukrida juga berkomitmen untuk mengimplementasikan pengembangan karakter guna mendorong mahasiswa selain unggul secara akademik, tetapi juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap isu lingkungan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com