Kompas.com - 11/07/2022, 10:16 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Belajar menjadi salah satu kewajiban utama bagi siswa maupun mahasiswa. Dengan rajin belajar, tentu mahasiswa bisa dengan mudah menyelesaikan semua tugas maupun mengikuti ujian.

Namun ada banyak tantangan yang dihadapi mahasiswa sehingga justru mengesampingkan kewajibannya untuk belajar.

Bagi mahasiswa yang ingin membiasakan diri agar rajin belajar, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Melansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), Minggu (10/7/2022), membangun kebiasaan rajin belajar bukan hal yang mudah. Fakultas Teknik Unpas memberikan 5 tips jitu membiasakan diri rajin belajar yang dapat dipraktikkan mulai dari sekarang.

Baca juga: Beasiswa S1 di United Arab Emirates University, Bisa Kuliah Gratis

5 tips jitu membiasakan diri rajin belajar

1. Mengetahui tujuan spesifik belajar

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui apa yang menjadi tujuanmu belajarmu. Semakin spesifik tujuan belajar, semakin jelas juga alasan mengapa kamu harus belajar.

Hal ini juga memberikan dampak positif secara psikologis. Kamu akan merasa termotivasi dan bersemangat untuk menyelesaikan tujuan belajarmu. Misalnya tujuan belajarmu untuk memperbaiki nilai UTS mata kuliah Matematika.

Tujuan yang jelas memberikan gambaran tentang apa yang harus dipelajari sekarang. Selanjutnya bagian mana yang tidak dipahami serta bagian mana yang perlu dilengkapi.

2. Membuat jadwal belajar

Setelah menentukan tujuan belajar, hal selanjutnya yang bisa dilakukan agar menciptakan kebiasaan rajin belajar adalalah membuat jadwal.

Baca juga: Franka Makarim Sebut Keluarga Berperan dalam Pembentukan Karakter Anak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.