Kompas.com - 20/07/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan meminum seteh setelah makan banyak digemari oleh siapa saja.

Walaupun teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi, jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan maka akan menimbulkan beberapa efek samping negatif.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK UM Surabaya), Ira Purnamasari menjelaskan, selain mengandung kafein, teh juga mengandung tanin.

Tanin bersifat antioksidan dan dipercaya dapat menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi bila tanin dikonsumsi secara berlebihan maka akan mengganggu kesehatan tubuh. Apa saja dampaknya?

1. Anemia

Dampak pertama yang ditimbulkan adalah anemia. Tanin yang terkandung dalam teh dapat mengikat zat besi dalam makanan.

Apalagi jika teh dikonsumsi bersamaan dengan makan, secara otomatis akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Earl Grey Tea, Atasi Stres hingga Cegah Kanker

Di mana zat besi dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah, di mana dalam sel darah merah ini terdapat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

"Jadi secara otomatis jika kita mengkonsumsi teh secara berlebihan maka akan mengakibatkan anemia yang lebih dikenal penyakit kurang darah, dengan munculnya gejala seperti 5 L (lesu, lelah, letih, lemah, dan lalai)," ujar Ira dilansir dari laman UM Surabaya. 

2. Asam lambung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.