Kompas.com - 22/07/2022, 19:27 WIB
|

KOMPAS.com - Saat peralihan musim, biasanya banyak orang yang sakit flu atau batuk dan pilek. Jika sudah sakit, maka pasti butuh obat agar bisa cepat sembut.

Tapi, sebenarnya ada obat dari bahan alami yang mudah didapat untuk mengatasi sakit tersebut. Bahkan bahannya sering dipakai untuk memasak.

Jika Anda sakit batuk dan ingin mencoba obat batuk alami, maka bisa mencoba bahan-bahan tersebut. Tentu untuk meringankan gejala batuk akibat infeksi pernapasan ringan, seperti pilek dan flu.

Baca juga: Info UMA: Ini Bahan Alami Obat Jerawat

Bahkan, bahan tradisional ini bukan hanya berguna berbagai jenis batuk, melainkan juga mengatasi gejala pernapasan lain yang mungkin menyertai, seperti hidung tersumbat.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), berikut ini 5 bahan atau obat batuk alami yang bisa dicoba.

Obat batuk alami

1. Jahe

Bahan atau rempah-rempah tradisional ini sudah familiar di masyarakat. Jika Anda meminum campuran jahe yang telah dilarutkan ke dalam air hangat atau teh dapat membantu meredakan gejala batuk.

Jahe juga merupakan zat analgesik (pereda nyeri) alami yang dapat memberi efek menghangatkan tubuh. Sensasi hangat dari bahan tradisional ini membantu mengencerkan dahak di saluran pernapasan sehingga amat cocok dijadikan obat herbal untuk menyembuhkan batuk berdahak.

Selain itu, jahe sebagai obat batuk alami mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk kering. Sensasi rasa hangatnya mampu melemaskan otot-otot tenggorokan yang menegang.

Anda bisa minum obat batuk tradisional ini dengan cara mengonsumsi langsung. Anda juga bisa mencampurnya dengan air perasan lemon, teh, madu, ataupun susu. Minumlah sebanyak dua kali sehari selama mengalami batuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.