Kompas.com - 23/07/2022, 11:11 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pendidikan di perguruan tinggi jenjang S1 normalnya bisa diselesaikan dalam kurun waktu paling cepat selama 3,5 tahun.

Hal ini mungkin saja terjadi asal selama kuliah, mahasiswa bisa fokus dan konsisten dalam menjalani perkuliahan.

Bagi para mahasiswa baru tentu juga ingin lulus kuliah 3,5 tahun saja dan bisa segera mendapatkan pekerjaan agar bisa menghasilkan uang sendiri.

Melansir dari laman Ma'soem University, Sabtu (23/7/2022), membagikan tips lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun yang bisa diterapkan para mahasiswa. Mau tahu tips apa saja itu? Simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Bank Muamalat Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3-S1

Tips lulus kuliah 3,5 tahun

1. Baca dan pahami buku panduan mahasiswa baru

Tips lulus kuliah 3,5 tahun yang pertama yakni, saat memasuki masa orientasi mahasiswa baru, biasanya pihak kampus membagikan buku panduan pembelajaran.

Buku ini berisi mata kuliah-mata kuliah yang bisa diambil tiap semesternya.

Tentu saja hal ini tergantung jurusan kuliah yang dipilih. Untuk mahasiswa S1, beban studi yang harus diselesaikan adalah 144 SKS (Satuan Kredti Semester). Dari gambaran tersebut kamu tinggal membaginya selama 6 semester.

2. Buat target IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tiap semester

Besaran IPK setiap semester sangatlah penting karena akan menentukan jumlah beban SKS yang bisa kamu ambil di semester berikutnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.