Kompas.com - 26/07/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi mengatakan sebanyak 286 sekolah menengah kejuruan (SMK) Jawa Barat (Jabar) siap bekerja sama dengan negara Jepang untuk penyediaan tenaga kerja.

"Kita sudah lakukan kerja sama dengan Jepang dan langsung mapping dengan kriteria sumber daya manusia (SDM) yang sudah disiapkan. Dengan Pergub Mitra Industri yang disahkan tahun ini, SDM sudah siap, tinggal ditindaklanjuti," ujar Dedi dilansir dari laman Disdik Jabar, Selasa (26/7/2022).

Para lulusan SMK Jabar akan memenuhi 14 sektor tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Negeri Matahari Terbit tersebut.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Sektor tenaga kerja tersebut antara lain, tenaga kerja di bandara, katering, pelayaran, pertanian, dan caregiver (jasa perawatan bagi lansia).

Dedi juga menjelaskan, Disdik Jabar memaksimalkan potensi SMK yang ada melalui Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

"Misalnya butuh di sektor pertanian, berarti berhubungan dengan SMK pertanian Cianjur dan Subang, pelayaran di Cirebon, penerbangan di SMKN 12 Bandung. Dengan jumlah SMK hampir mencapai 286, masing-masing akan di-support sesuai keahlian SDM yang ada," terangnya.

Dalam waktu dekat, lanjut dia, pemerintah Jepang melalui perusahaannya akan melakukan kunjungan ke sekolah.

Selain itu, Disdik Jabar pun akan bekerja sama dengan pemerintah Jepang untuk membuat ekstrakurikuler tambahan khusus bagi lulusan SMK yang akan bekerja di Jepang.

"Salah satunya, pada pagi hari sebelum masuk kelas akan ada penguatan bahasa Jepang dan pengenalan budaya Jepang," tuturnya.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Kadisdik menambahkan, kerja sama serupa sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya, namun melalui pihak ketiga.

"Saat ini, dengan adanya Pergub Mitra Industri, sekolah bisa bekerja sama langsung dengan industri dari negara lain," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.