Kompas.com - 01/08/2022, 13:21 WIB

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang telah dilaksanakan secara penuh setelah dua tahun dilakukan secara daring, masih menjadi tantangan bagi sejumlah anak dan orangtua.

Terutama untuk anak-anak usia dini dan awal sekolah SD, dituntut untuk lebih mandiri dalam proses belajar karena tak ada pendampingan orangtua seperti saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah.

Tak hanya dalam kegiatan belajar, anak juga harus beradaptasi dengan suasana kelas yang ramai, bergaul dengan teman-teman baru, hingga aturan-aturan yang harus dipatuhi selama di sekolah.

Baca juga: Psikolog: Tanda Anak Alami Bullying di Sekolah, Orangtua Harus Tahu

Ada sejumlah tanda yang umumnya diperlihatkan anak apabila mereka mengalami kesulitan di sekolah, baik soal pelajaran, interaksi dengan teman atau guru dan lainnya.

Saat anak sedang berjuang, apakah itu tentang tugas sekolah, masalah dengan teman, atau hal lain, penting bagi orang tua untuk berempati, berbelas kasih dan pengertian.

Tandanya, anak sedang membutuhkan orang tuanya untuk membantu mereka mengatasi masalah dan membangun kembali kepercayaan dan harga diri mereka.

Berikut tanda-tanda yang perlu dikenali orangtua saat anak mengalami kesulitan di sekolah, melansir laman Sekolah BPK Penabur:

1.Tidak ingin membahas tentang mata pelajaran

Saat anak tiba-tiba tidak mau memberitahu orangtua tentang apa yang mereka pelajari atau apa yang terjadi di sekolah, hal ini bisa menjadi kode bahwa ada yang tidak beres.

Terutama jika sebelumnya anak suka mengobrol dan terbuka tentang sekolahnya.

Tak perlu memaksa anak untuk menceritakan dalam satu waktu. Cari tahu mulai dari obrilan ringan yang membuat anak merasa nyaman terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.