Kompas.com - 02/08/2022, 14:31 WIB

KOMPAS.comPenyakit Hepatitis adalah penyakit yang ditandai dengan peradangan pada organ hati.

Kondisi ini bisa terjadi karena infeksi virus, kebiasaan minum alkohol, paparan zat beracun atau obat-obatan tertentu.

Badan kesehatan dunia (WHO) menetapkan 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Sedunia untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pengertian warga dunia tentang hepatitis.

Dalam acara Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Nasional Diponegoro Universitas Diponegoro (RSND Undip) dr. Hesti Triwahyu Hutami, Sp.PD mengatakan, beban penyakit hepatitis di Indonesia cukup tinggi terutama hepatitis tipe B dan C.

Baca juga: PT Freeport Indonesia Buka 20 Lowongan Fresh Graduates Program D4-S2

Penyakit hepatitis merupakan peradangan pada jaringan liver yang bisa disebabkan konsumsi alkohol, didasari proses autoimun dan juga infeksi virus atau bakteri.

"Hepatitis B dan C memiliki perjalanan penyakit yang menahun sehingga dapat menyebabkan sirosis hati dan juga kanker hati," urai dr. Hesti Triwahyu Hutami seperti dikutip dari laman Undip, Selasa (2/8/2022).

Penularan hepatitis

Masyarakat perlu mengetahui bahwa penularan hepatitis dapat melalui vertikal maupun horizontal.

Penularan secara vertikal dapat terjadi dari ibu kepada bayi saat persalinan. Sehingga dianjurkan melakukan deteksi dini saat ibu hamil agar nanti bayi yang lahir tidak tertular hepatitis ketika ibu mengalami hepatitis.

Baca juga: 6 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia, Kampus dan Beasiswa Pilihannya

Dia mengungkapkan, cara penularan penyakit hepatitis A dan B melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sehingga bergantung dengan sanitasi di lingkungan sekitar.

Sedangkan hepatitis lainnya bisa menular melalui cairan darah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.