Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Tips Saat Hari Pertama Kerja dari Alumni UGM

Kompas.com - 03/08/2022, 18:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat mendapatkan pekerjaan tentu jadi kebanggaan tersendiri. Apalagi itu adalah pekerjaan pertama usai lulus kuliah.

Tapi, seperti apa ya bekerja itu? Bagaimana situasi di kantor dan rekan-rekan kerja seperti apa? Apa yang perlu dipersiapkan?

Tentu, bagi yang baru pertama kali bekerja akan kepikiran. Sebab, harus bisa menempatkan diri bukan lagi sebagai mahasiswa tetapi sebagai pekerja.

Baca juga: Mau Liburan, Ini Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

Apalagi saat hari pertama bekerja. Tentu butuh tips. Ini tips sukses hari pertama kerja. Info dilansir dari laman Alumni UGM.

5 tips saat hari pertama kerja

1. Menyiapkan pakaian terbaik

Kecenderungan orang akan menilai sesuatu dari tampilan luarnya terlebih dahulu. Jadi, agar tidak langsung dilabeli buruk gara-gara cara berpakaian Anda, segera pilih koleksi pakaian di almari yang masih bagus.

Hindari memakai pakaian dengan warna-warna yang mencolok. Warna natural seperti biru atau krem lebih tepat dipakai untuk memberi kesan mendalam.

Anda juga dapat menambahkan aksesoris agar tampilan menjadi lebih stylish. tetapi tetap terlihat sopan.

2. Bisa minta saran atasan

Tips berikutnya ialah Anda harus meminta arahan dari atasan terlebih dahulu terkait lingkungan kerja yang akan dimasuki.

Tanyakan standard operational procedure (SOP) yang berlaku di perusahaan tersebut dan bagian-bagian mana saja yang akan masuk dalam cakupan kerja Anda.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja dari Alumni UGM

Selain itu, jangan sungkan bertanya karakteristik rekan-rekan Anda nanti atau hal-hal yang diharapkan oleh atasan terkait dengan kinerja yang diharapkan kepada Anda.

3. Lakukan observasi lingkungan kerja

Hal berikutnya ialah melakukan observasi di lingkungan kerja secara detil. Mulai dari aktivitas kerja orang-orangnya, interaksi antara sesama pegawai atau dengan atasan, hingga hal-hal kecil seperti cara bercanda.

Perhatikan juga bagaimana karakter setiap orang di tempat kerja tersebut. Sebab, setiap orang punya karakter masing-masing. Ada yang enak diajak ngobrol, ada yang tidak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com