Kompas.com - 05/08/2022, 12:52 WIB

KOMPAS.com - Terumbu karang merupakan ekosistem yang penting di pesisir, memberi fungsi ekologis untuk mendukung kehidupan laut.

Sebagai salah satu upaya pelestarian ekosistem laut, Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) Kabinet Cendekia Apik kembali melakukan penanaman terumbu karang di Pantai Grand Watu Dodol, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Koordinator PPI Dunia, Faruq Ibnul Haqi mengatakan, program Coral Reef Restoration (Creation) PPI Dunia ini merupakan salah satu program unggulan PPI Dunia sebagai wujud upaya rehabilitasi terumbu karang yang semakin terdegradasi.

Penanaman terumbu karang ini melibatkan penyelam bersertifikat dari beberapa komunitas penyelam dan masyarakat pecinta penyelam di Pantai GWD Banyuwangi.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

“Dengan melakukan program transplantasi terumbu karang ini, semoga membuat panorama yang indah di dasar laut dan bisa memperkuat identitas Pantai GWD menjadi salah satu destinasi dunia untuk wisata terumbu karang ke depannya," papar Faruq, kandidat doktor dari university of South Australia.

Khoirul Umam selaku Bendahara Umum PPI Dunia menambahkan bahwa program Creation PPI Dunia ini telah direncanakan lama dari awal kepengurusan.

"Program pengabdian masyarakat ini adalah sebagai wujud upaya bagaimana kita menyosialisasikan terumbu karang sebagai salah satu upaya penyelamatan pesisir demi anak-cucu kita nanti, biota laut dan sumber mata pencaharian nelayan dengan menyelamatkan terumbu karang. Ini program investasi jangka panjang yang akan dinikmati di masa mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Coral Institute (ICI), Irfan Hadi juga sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PPI Dunia dengan mendukung program transplantasi terumbu karang di Pantai GWD, Banyuwangi.

Baca juga: Sebanyak 1 dari 5 Kaum Muda di Indonesia Masih Menganggur, Kenapa?

“Kami sangat mengapresiasi PPI Dunia hadir ke Banyuwangi. Ini membuktikan bahwa PPI Dunia sebagai organisasi terbesar yang mewadahi pelajar Indonesia di luar negeri masih memiliki kepedulian terhadap masa depan ekosistem laut di Indonesia dengan program Creation PPI Dunia," ungkapnya.

Selain melibatkan komunitas penyelam, penanaman terumbu karang tersebut juga didukung oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Bahari GWD dan kelompok mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tiga universitas di wilayah Jawa Timur yaitu UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Universitas PGRI Banyuwangi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.