Kompas.com - 08/08/2022, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Tiga mahasiswi Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina (UPER) membuktikan perempuan mampu berprestasi di bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).

Mereka adalah Katarina Novita Talo, Rahma Nazilah, dan Zhorifah Aqiilah Putri Amelia, bersama rekan mahasiswa Daniel Van Vriezer Situmeang, sukses menyabet Juara 1 di ajang Petrobowl Asia Pacific Regional Qualifier (APRQ) 2022, pada 31 Juli 2022 lalu.

Petrobowl merupakan kejuaraan internasional ternama besutan Society of Petroleum Engineers (SPE) Gulf Coast Section di Amerika yang berlangsung setahun sekali.

Tahun ini, dari 175 peserta asal 36 universitas terbaik di Asia Pasifik, empat perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk Top 4 pada kualifikasi regional.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK, D1-S1 di 32 Wilayah

Setelah Universitas Pertamina (UPER), posisi kedua diduduki Universitas Trisakti, diikuti Universitas Indonesia (UI) sebagai juara ke-3, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai juara ke-4.

Tim Universitas Pertamina selanjutnya menjadi wakil regional Asia Pasifik untuk berkompetisi di Petrobowl World Championship.

Kejuaraan tingkat dunia itu akan diselenggarakan pada rangkaian SPE Annual Technical Conference and Exhibition (ATCE) di Houston, Amerika Serikat, bulan Oktober mendatang.

"Puji syukur, tim Universitas Pertamina berhasil meraih posisi puncak, mengalahkan tim-tim dari perguruan tinggi ternama di Asia Pasifik. Di antaranya dari Universiti Teknologi Petronas, China University of Petroleum, Universitas Adelaide Australia, dan Indian Institute of Technology," ujar Rektor Universitas Pertamina, Prof. IGN Wiratmaja Puja, dalam wawancara daring, Sabtu (06/08/2022).

Henricus Herwin, SPE Regional Director Asia Pacific, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian tim Universitas Pertamina.

Baca juga: Lulusan S1 Mau Jadi Guru? Kemendikbud Buka 40.000 Kuota Calon Guru di PPG

"Saya yakin keberhasilan tersebut merupakan buah dari kerja keras dan ketekunan. Teman-teman Universitas Pertamina telah menunjukkan kepada kita semua bahwa mahasiswa mahasiswi Indonesia mampu bersaing di tingkat regional dan internasional," ujar Henricus.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.