Kompas.com - 14/08/2022, 16:13 WIB
|

KOMPAS.com - Bencana sangat sulit diprediksi karena bisa datang kapan saja. Jika terjadi bencana, dampak yang ditimbulkan sangat beragam.

Bisa memberikan dampak kerugian material berupa harta, benda, bahkan jiwa. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Apakah kita hanya berdiam diri saja? Atau apa yang harus kita perbuat?

Tentu, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana alam gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami, karena terletak pada pertemuan tiga lempeng/kerak bumi aktif.

Baca juga: Dibuka 1.850 Kuota KIP Kuliah bagi Mahasiswa UGM 2022, Ini Cara Daftarnya

Seperti halnya di Padukuhan Nologaten Desa Catur Tunggal Kecamatan Depok Kabupaten Sleman DIY yang cenderung dekat dengan Gunung Merapi dan "patahan" yang berpotensi adanya gempa.

Terkait hal itu, Kelompok 17 KKN Mandiri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tahun 2022 mengadakan sosialisasi Dusun Tanggap Bencana di dusun tersebut, Minggu (31/7/2022).

Menurut salah satu tim kelompok 17, M. Agus Ekananto (mahasiswa Manajemen Angkatan 2019), dengan adanya sosialisasi Dusun Tanggap Bencana ini diharapkan penanggulangan bencana mencakup semua fase bencana.

Yakni diawali dengan fase mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat hingga pemulihan pasca bencana.

Perubahan paradigma dari tanggap darurat menjadi siaga bencana, bahwa bencana tidak lagi dianggap sebagai sesuatu yang harus diterima sebagai hal yang seharusnya begitu saja.

Tetapi, harapannya seluruh warga Padukuhan Nologaten bisa bersama-sama mengantisipasi kejadian bencana, korban dan diminimalisir dampaknya.

Baca juga: Konsep Dome Futuristik IKN Ini Gagasan Mahasiswa UB

"Kami berharap, seluruh warga pedukuhan Nologaten dapat melakukan mitigasi dan kesiap siagaan terhadap bencana gempa bumi dan letusan gunung berapi," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/8/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.