Kompas.com - 16/08/2022, 15:37 WIB

KOMPAS.com - Sebanyak 5.500 mahasiswa baru (Maba) dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) berhasil mengukir nama almamater di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Hal tersebut berlangsung pada hari terakhir Generasi Integralistik (Gerigi) 2022, bertempat di Taman Alumni ITS.

“Senang rasanya dapat menyukseskan acara setelah berjuang mengerjakan agenda ini,” ungkap Dyah Ayu Puspita, Pemrakarsa sekaligus Ketua Penyelenggara Gerigi ITS 2022, seperti dikutip dari laman ITS, pada Sabtu (13/8/2022), dilansir dari laman ITS

Dyah menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan seluruh panitia dalam menyukseskan acara ini. Juga atas partisipasi seluruh mahasiswa baru ITS.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Konfigurasi Paper Mob

Pada kesempatan tersebut, pemecahan rekor berupa Konfigurasi Paper Mob terbesar yakni mahasiswa baru. Lebih lanjut, Dyah menambahkan bahwa mozaik tersebut bukanlah mozaik biasa.

Konfigurasi Paper Mob tersebut dilengkapi dengan konsep cerita perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam bentuk tiga dimensi (3D). Pada mozaik tersebut, terdapat 30 pola dengan menggunakan kertas asturo sebanyak empat warna.

Konsep ITS dengan nama kampus perjuangan

Selain itu, konsep cerita tersebut juga dipilih karena menyelaraskan dengan konsep ITS sendiri yang dikenal dengan nama Kampus Perjuangan.

”Konsep cerita ini dipilih karena selaras dengan ITS yang dikenal sebagai kampus perjuangan,” pungkas mahasiswi asal Madiun tersebut.

Maka, disesuaikan dengan semangat perjuangan, dengan mengusung tema “Gelora Revolusi.” Harapannya, mahasiswa baru dapat bersatu dalam menjunjung nama kampung perjuangan ITS tersebut.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Universitas Indonesia di SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri

Dyah menyampaikan bahwa Gerigi ITS 2022 juga sebagai dukungan atas peringatan HUT Ke-77 RI dan pelaksanaan G20 yang di akan dilaksanakan di Indonesia. Itulah sebabnya panitia memberikan mozaik logo Kemerdekaan RI ke-77 Indonesia dan G20. Selain itu, ada juga rangkaian mozaik unik yang menceritakan peristiwa tunjungan yakni insiden hotel Yamato pada 10 November 1945.

Rektor ITS bangga atas prestasi maba

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, para wakil rektor, dan jajaran pimpinan ITS lainnya turut hadir menyukseskan acara yang berlangsung secara luring tersebut. Ashari, sapaan akrab Rektor ITS menyampaikan rasa bangga karena memiliki mahasiswa baru yang penuh semangat dalam melaksanakan Gerigi.

“Bangga sekali, baru lahir sudah cetak prestasi!” ungkap Rektor ITS.

Dia juga berharap agar semangat mahasiswa baru tersebut tetap menggelora di perkuliahan ke depannya agar terus mencetak prestasi akademik. Sebagai simbol penutup acara, Ashari memukul gong yang menandakan penutup seluruh rangkaian acara Gerigi ITS 2022.

 Baca juga: Doktor ITS Ciptakan Sistem Diagnosis Stroke Otomatis, Cepat dan Akurat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.