Kompas.com - 18/08/2022, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Guna mencetak lulusan Sistem Informasi yang dapat bersaing di kancah global, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Fontys School of Information and Communication Technology (ICT) Belanda menjalin kerja sama melalui Memorandum of Agreement (MoA).

Sebanyak lima mahasiswa Departemen Sistem Informasi ITS pun diberangkatkan untuk mengikuti program double degree ke Fontys ICT pada 9 Agustus 2022.

Kepala Departemen Sistem Informasi ITS, Mudjahidin menjelaskan bahwa kelima mahasiswa tersebut akan mengikuti program ini dalam kurun waktu satu hingga dua tahun ke depan.

Mahasiswa akan mengikuti kurikulum akademik yang telah dirancang oleh Fontys ICT, termasuk menyelesaikan sekitar 32 satuan Sistem Kredit Semester (SKS),” terangnya dilansir dari laman ITS.

Baca juga: Beasiswa Juara 2022 Kemendikbud-Lotte, Beri Biaya Kuliah hingga Rp 200 Juta

Mudja menyebutkan bahwa selama menjalani program double degree, mereka memperoleh kesempatan emas untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya di Negeri Kincir Angin tersebut.

Bukan hanya ilmu pengetahuan dan keterampilan tambahan yang relevan dengan mata kuliah Sistem Informasi, terang Mudja, namun juga softskill seperti kecakapan berkomunikasi, jalinan relasi, serta kecakapan kualifikasi kompetensi untuk melamar kerja.

Mahasiswa program Double Degree dari Departemen Sistem Industri ITS saat akan berangkat studi ke BelandaDok. ITS Mahasiswa program Double Degree dari Departemen Sistem Industri ITS saat akan berangkat studi ke Belanda

Mudja menceritakan, Departemen Sistem Informasi ITS tidak hanya memberikan bantuan secara administratif terhadap keberangkatan mahasiswa, namun juga dorongan semangat yang kuat.

“Walaupun ada beberapa mahasiswa yang sempat mengalami kendala dengan alasan pertimbangan biaya untuk berangkat ke Belanda, kami berusaha terus memberikan motivasi agar mereka tidak ragu untuk berangkat,” ujarnya.

Ia berharap, program double degree bisa terus berjalan setiap tahunnya dan memberikan dampak positif baik bagi ITS maupun Fontys ICT.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

“Bertambahnya jumlah mahasiswa yang berangkat exchange dari tahun ke tahun juga dapat mengangkat nama baik ITS di kancah nasional maupun internasional,” tambahnya optimistis.

Terakhir, Mudja berpesan kepada para mahasiswa agar memanfaatkan kesempatan belajar ke Belanda secara tatap muka ini dengan maksimal.

“Semoga mereka bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, serta kelak dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk turut berkontribusi bagi tanah air,” tuturnya berpesan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.