Kompas.com - 22/08/2022, 16:09 WIB

KOMPAS.com - Sebagai mahasiswa baru, mungkin belum memahami istilah-istilah yang sering didengar di dunia kuliah.

Salah satunya adalah adanya istilah Kartu Rencana Studi (KRS). Ternyata KRS di masing-masing perguruan tinggi juga memiliki perbedaan lho.

Melansir dari laman Edutech (education technology) Sevima, Senin (22/8/2022), menjelaskan perbedaan jenis-jenis KRS yang ada di perguruan tinggi.

Biasanya perbedaan KRS ini dilatarbelakangi oleh program studi yang dimiliki setiap kampus. Lantas apa saja jenis KRS di perguruan tinggi?

Baca juga: Lowongan Kerja Amerta Indah Otsuka bagi Lulusan S1 Fresh Graduate

Jenis KRS di perguruan tinggi

Pengambilan KRS disesuaikan dengan jenis KRS yang dianut perguruan tinggi masing-masing. Namun faktanya, tidak semua perguruan tinggi menganut jenis KRS yang sama.

Berdasarkan kegunaannya, jenis KRS dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1. KRS paket

Bagi kampus yang menerapkan KRS sistem ini, mahasiswa tidak perlu direpotkan dengan melakukan KRS mulai semester dua hingga akhir. Mahasiswa cukup terima jadi mata kuliah yang akan diikuti selama satu semester.

2. KRS mandiri

Berbeda KRS mandiri dengan sebelumnya yakni KRS mandiri bisa dilakukan oleh mahasiswa sendiri sesuai dengan panduan mata kuliah akademik.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Intip 9 Negara dengan Biaya Pendidikan Ekonomis

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.