Kompas.com - 24/08/2022, 10:13 WIB

KOMPAS.com - Palang Merah Remaja (PMR) merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah jenjang SMP dan SMA.

Ekstrakurikuler PMR adalah salah satu ekstrakurikuler yang diminati para siswa. Bagi siswa yang memiliki jiwa sosial tinggi dan ingin menolong sesama, PMR ini sangat cocok untuk dipilih menjadi kegiatan ekstrakurikuler.

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan jika mengikuti ekstrakurikuler PMR. Seperti memiliki bekal yang mumpuni untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang lain maupun diri sendiri. Selain itu dengan mengikuti kegiatan PMR juga bisa melatih kepemimpinan.

Namun apa saja sebenarnya tugas anggota PMR? Melansir dari laman sekolah SMA Dwiwarna Bogor, Rabu (24/8/2022) tugas dari Ekstrakulikuler PMR antara lain:

Baca juga: Lowongan Kerja PT Paragon bagi Lulusan D3/S1 Fresh Graduate

8 Tugas Palang Merah Remaja (PMR)

1. Memberi pertolongan pertama

Tugas anggota PMR yang utama adalah memberi pertolongan pertama kepada siswa atau teman di sekolah yang sedang sakit ataupun mengalami kecelakaan ringan di lingkungan sekolah.

Pemberian pertolongan pertama tidak bisa dilakukan sembarangan karena bisa berakibat fatal atau memperburuk kondisi teman yang sedang sakit. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PMR akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan mengenai pertolongan pertama yang benar.

2. Mengadakan kegiatan sosial

Tugas dari PMR tidak jauh dari bidang kesehatan maupun kemanusiaan. PMR juga memiliki tugas untuk mengadakan kegiatan-kegiatan sosial di sekolah.

Tujuan dari kegiatan sosial yang diadakan tidak hanya untuk membantu orang lain melainkan juga untuk melatih anggota PMR untuk lebih peduli dengan orang lain maupun lingkungan sekitarnya. Contoh kegiatan sosial yang sering diadakan adalah bakti sosial dan donor darah.

Baca juga: Tim ITS Berhasil Raih Juara pada Kontes ABU Robocon 2022 di India

3. Menggalang dana kemanusiaan

Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan terjadi bencana alam. Seperti banjir, tanah longsor, gunung meletus, gempa bumi dan sebagainya.

Saat suatu daerah mengalami bencana, tentu para korban membutuhkan bantuan dari orang lain. Saat terjadi bencana anggota PMR memiliki tugas untuk menggalang dana kemanusiaan dari siswa satu sekolah atau lingkungan sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.