Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana di 2022, Kemendikbud Berangkatkan Mahasiswa Beasiswa IISMA ke Irlandia

Kompas.com - 06/09/2022, 11:59 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberangkatkan sebanyak 15 mahasiswa penerima beasiswa (awardee) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk belajar selama satu semester di National University of Ireland, Galway.

Ini merupakan pelepasan pertama untuk rombongan mahasiswa IISMA yang berada di kawasan Inggris dan Irlandia.

Dalam acara pelepasan, Sabtu (3/9/2022), mahasiswa menerima arahan dari sejumlah pihak, di antaranya dari pengelola program IISMA, perwakilan perguruan tinggi pengirim, Education in Ireland, serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) London.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2023 Dibuka, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

Arahan ini diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik.

Audrey Monalisa Nababan, salah satu mahasiswa awardee mengungkapkan kebahagiaan sekaligus kekhawatirannya menjelang keberangkatan ke Irlandia.

Audrey berharap sesama peserta dapat saling membantu dan kompak meski berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan banyaknya tantangan yang harus dihadapi dari awal.

“Rombongan IISMA NUI Galway merupakan representasi Unity in Diversity. Kami berterima kasih kepada IISMA atas kesempatan yang diberikan,” tuturnya.

Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya berharap agar mahasiswa memiliki jiwa loyalitas yang tinggi bagi bangsa dan negara sehingga dapat berkarya semaksimal mungkin untuk bangsa dan negara.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

“Kami memulai acara pelepasan ini dengan memutarkan lagu Berkibarlah Benderaku dan akan menutup dengan memutarkan lagu Bagimu Negeri, dengan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri awardees kami yang akan berangkat ke NUI Galway,” ujar Rachmat.

Sementara itu, perwakilan Atdikbud KBRI London, Khairul Munadi mengatakan bahwa IISMA merupakan program terobosan bagi perguruan tinggi di Indonesia.

"Tidak saja terobosan dalam konteks Indonesia, tetapi di UK dan Ireland juga program ini menjadi perbincangan di berbagai universitas yang semakin familiar dengan IISMA dan juga antusias untuk mengikuti program yang bergengsi ini,” tutur Khairul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com