Kompas.com - 06/09/2022, 11:59 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberangkatkan sebanyak 15 mahasiswa penerima beasiswa (awardee) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk belajar selama satu semester di National University of Ireland, Galway.

Ini merupakan pelepasan pertama untuk rombongan mahasiswa IISMA yang berada di kawasan Inggris dan Irlandia.

Dalam acara pelepasan, Sabtu (3/9/2022), mahasiswa menerima arahan dari sejumlah pihak, di antaranya dari pengelola program IISMA, perwakilan perguruan tinggi pengirim, Education in Ireland, serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) London.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2023 Dibuka, Kuliah Gratis-Biaya Hidup

Arahan ini diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik.

Audrey Monalisa Nababan, salah satu mahasiswa awardee mengungkapkan kebahagiaan sekaligus kekhawatirannya menjelang keberangkatan ke Irlandia.

Audrey berharap sesama peserta dapat saling membantu dan kompak meski berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dan banyaknya tantangan yang harus dihadapi dari awal.

“Rombongan IISMA NUI Galway merupakan representasi Unity in Diversity. Kami berterima kasih kepada IISMA atas kesempatan yang diberikan,” tuturnya.

Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya berharap agar mahasiswa memiliki jiwa loyalitas yang tinggi bagi bangsa dan negara sehingga dapat berkarya semaksimal mungkin untuk bangsa dan negara.

Baca juga: Biaya Kuliah S1-S2 di Kampus Top Dunia: MIT, Stanford, Harvard

“Kami memulai acara pelepasan ini dengan memutarkan lagu Berkibarlah Benderaku dan akan menutup dengan memutarkan lagu Bagimu Negeri, dengan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri awardees kami yang akan berangkat ke NUI Galway,” ujar Rachmat.

Sementara itu, perwakilan Atdikbud KBRI London, Khairul Munadi mengatakan bahwa IISMA merupakan program terobosan bagi perguruan tinggi di Indonesia.

"Tidak saja terobosan dalam konteks Indonesia, tetapi di UK dan Ireland juga program ini menjadi perbincangan di berbagai universitas yang semakin familiar dengan IISMA dan juga antusias untuk mengikuti program yang bergengsi ini,” tutur Khairul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.