Kompas.com - 06/09/2022, 15:22 WIB
|

KOMPAS.com - Prestasi internasional kembali diraih oleh tim robot terbang Bayucaraka dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Tim yang diwakili Soeromiber tersebut sukses meraih juara pertama pada Federation of International Robot Sport Association (FIRA) Simul Cup 2022 kategori Air Simulation Competition akhir Agustus lalu.

Menurut Muhammad Rayhan Athaillah, ketua tim Soeromiber ITS untuk perlombaan FIRA Simul Cup 2022, tim yang dibimbing oleh Atar Fuady Babgei, ST., MSc., ini memperoleh juara pertama pada FIRA Simul Cup 2022 kategori Air Simulation Competition.

Baca juga: Webinar ITS: Indonesia Masih Kesulitan Produksi Baterai dari Nikel

Pada kategori ini, peserta ditantang untuk membuat program pada simulasi robot terbang (drone) secara virtual, sehingga dapat melewati beberapa rintangan yang beragam.

Selama dikerjakan 3 minggu, pengerjaan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu pada kontrol drone, computer vision, dan optimasi gerakan.

Pertama-tama, kendali dengan menggunakan joystick dan keyboard (Teleop) dilakukan untuk mengetahui kendali dari drone.

"Kendali Teleop digunakan untuk mendapatkan data-data seperti gerakan pada koordinat kartesius dan sumbu rotasi serta kecepatan drone," ujarnya dikutip dari laman ITS, Senin (5/9/2022).

Setelah itu, berbagai algoritma turut ditautkan agar drone dapat mengikuti garis rute, landing, hingga melewati rintangan.

Hal ini dilakukan agar drone nantinya dapat secara autonomous sampai ke garis finish tanpa menyentuh rintangan yang ada.

Baca juga: KKN ITS Bagikan Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas bagi UMKM

"Pada perlombaan ini, drone diharuskan dapat melewati rintangan berupa gate secara horizontal maupun vertikal tanpa menyentuh sisi-sisinya," urai mahasiswa Departemen Teknik Elektro ITS ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.