Kompas.com - 14/09/2022, 18:17 WIB
|

KOMPAS.com - Material erupsi Gunung Semeru pada 2021 bisa dimanfaatkan menjadi bahan bangunan. Tentu material itu diolah terlebih dahulu.

Salah satu yang memanfaatkan material erupsi Gunung Semeru ialah Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian kepada Masyarakat (Abmas) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Saat KKN di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, tim KKN ITS coba menciptakan bahan bangunan dari material tersebut.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Lampu Morse untuk Bantu Kinerja TNI AL

Menurut Ketua Pelaksana KKN Abmas, Vania Mitha Pratiwi, ST., MT., berbagai macam material dalam dapur magma akan keluar ketika terjadi erupsi gunung api.

Bersama dengan tim, ia melihat bahwa material erupsi yang berupa padatan dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bahan bangunan.

Dari bahan itu mereka memanfaatkan untuk membangun ulang rumah warga terdampak. Ditambah lagi, material padat tersebut kaya akan mineral alumina dan silika.

"Oleh karena itu, kedua mineral tersebut memiliki karakteristik yang sesuai untuk bahan bangunan," ujarnya dikutip dari laman ITS, Rabu (14/9/2022).

Ia menjelaskan bahwa material dari erupsi Gunung Semeru bisa memiliki kualitas tinggi. Karenanya, penting sekali masyarakat memahami potensi dari limbah tersebut.

Tim KKN itu kemudian membuat bahan bangunan seperti paving block berpori, batako, dan kusen cor.

Selain itu, tim KKN ITS juga mengadakan pelatihan kepada masyarakat tentang pemasaran digital sebagai penutup kegiatan KKN.

Baca juga: Webinar ITS: Indonesia Masih Kesulitan Produksi Baterai dari Nikel

Di sana, tim membagikan pengetahuan kepada warga setempat terkait cara memasarkan bahan bangunan yang telah dibuat.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu warga terdampak erupsi untuk membangun rumah sementara dan memulai kehidupan yang lebih baik," harap Vania.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.