Kompas.com - 16/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com – Kesempatan untuk menimba ilmu dengan beasiswa pendidikan ke luar negeri semakin terbuka lebar bagi pelajar Indonesia.

Banyak program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah dan yayasan luar negeri guna membantu mencerdaskan anak bangsa, menjalin kerja sama antar negara, dan mendukung generasi muda yang profesional dengan ilmu yang mumpuni.

Program beasiswa yang diberikan mulai jenjang SMA sederajat, S1, S2, hingga S3. Setiap negara juga memberikan cakupan beasiswa yang berbeda-beda.

Baca juga: Alasan Tes Mata Pelajaran Dihapus pada Seleksi Masuk PTN 2023

Ada yang memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan kepemimpinan di negara lain, kesempatan magang untuk beberapa bulan, kursus pendek, hingga melanjutkan pendidikan Sarjana dan Magister.

Bagi kamu siswa maupun mahasiswa yang berencana ingin menikmati pendidikan di luar negeri, kamu bisa mencoba beberapa beasiswa pertukaran pelajar yang masih tersedia hingga akhir tahun. Berikut sejumlah program beasiswa ke luar negeri, dilansir dari laman Instagram Bimbingan Studi ke Luar Negeri Schoters Indonesia.

1. Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study (YES), Amerika Serikat

Program beasiswa ini dikhususkan bagi siswa SMA, SMK, MA sederajat untuk mengalami pendidikan di Amerika Serikat selama satu tahun pada tahun ajaran 2023/2024.

Program YES ini memberikan kesempatan kepada siswa aktif dan berprestasi, baik akademik maupun non-akademik, berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas, siswa difabel (tunanetra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa, dan tuna daksa), dan siswa dari daerah luar Jawa.

Baca juga: 10 Beasiswa yang Bisa Didaftar di Pertengahan Kuliah, Mahasiswa Cek

Peserta akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan kepemimpinan. Siswa juga diharapkan menjadi duta perdamaian dan persahabatan antara Indonesia dengan AS, dengan menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk lebih mengenal tentang Indonesia, termasuk kehidupan dan kebudayaannya.

Peserta yang terpilih akan tinggal di AS selama satu tahun dalam menjalankan program ini untuk menimba ilmu dengan bersekolah di SMA setempat.

Mereka akan diberikan pembebasan biaya visa ke AS, biaya perjalanan internasional dari negara asal, perjalanan domestik, penempatan di tempat keluarga angkat di AS, masa orientasi, program pengembangan diri, asuransi kesehatan, dan tunjangan bulanan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.