Kompas.com - 19/09/2022, 10:26 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyatakan bahwa siswa kini diizinkan untuk lintas jurusan kuliah pada Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Artinya, siswa jurusan IPA yang mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi bisa memilih program studi (prodi) IPS, begitu juga sebaliknya. Siswa jurusan IPS bisa memilih prodi IPA.

Meski begitu, Kemendikbud Ristek menyarankan calon mahasiswa untuk memilih prodi sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat. Ia juga menyarankan siswa untuk bertanggung jawab atas pilihannya.

Baca juga: 9 Pekerjaan Bersinar di 2024, Lulusan dari Jurusan Ini Banyak Dibutuhkan

Bila kamu mempertimbangkan untuk memilih prodi atau jurusan kuliah IPA, panduan 25 pilihan jurusan kuliah dari Rencanamu.id ini dapat menjadi pertimbangan.

Berikut rekomendasi 25 jurusan kuliah IPA yang dapat dipertimbangkan calon mahasiswa:

1. Pendidikan Kedokteran

Mahasiswa jurusan kedokteran mempelajari tentang penyakit serta cara-cara penyembuhan. Pada dasarnya ada dua hal penting dalam Ilmu Kedokteran, yaitu mempelajari bagaimana cara mempertahankan kesehatan dan mengobati seseorang yang sedang sakit atau cedera.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Para mahasiswa yang mengambil jurusan ini harus menguasai pengetahuan tentang sistem tubuh manusia, penyakit, dan pengobatan. Tidak hanya ahli dalam bidang teori, tapi juga menguasai praktik langsung pada pasien.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang suka pelajaran: Biologi.

Prospek kerja jurusan ini: Dokter Anak, Dokter Kandungan dan Ginekologi, Dokter Pengobatan Nuklir atau Dokter Pengobatan Olahraga.

Baca juga: 6 Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik Indonesia 2022 dan Biaya Kuliah

2. Ilmu Gizi

Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.