Kompas.com - 22/09/2022, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Karakter adalah tabiat, sifat-sifat atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Karakter dibangun melalui proses kehidupan.

Itulah mengapa, karakter anak bisa bergantung pada orangtua atau keluarga maupun teman yang ditemuinya sehari-hari.

Dengan begitu, guru dan orangtua perlu memahami bahwa untuk membentuk anak menjadi pribadi yang berkarakter, perlu usaha yang tidak sebentar.

Baca juga: Terkenal Disiplin, Begini Cara Orangtua Jepang Mendidik Anak

Melansir laman Pendis Kementerian Agama (Kemenag), berikut cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak memiliki pribadi yang berkarakter:

1. Bersikap konsisten

Anak cenderung melihat apa yang orangtua lakukan ketimbang mendengarkan nasihat. Pembangunan karakter bisa dimulai dari sikap konsisten yang ditunjukkan dan dilakukan orangtua.

2. Pendidikan keagamaan

Pendidikan agama penting untuk dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Tujuannya agar anak mengenal Tuhan, mengerti makna beribadah dan memiliki keyakinan.

Semakin dini orangtua menanamkan hal ini pada seorang anak, diharapkan akan semakin kuat iman mereka, terutama ketika mereka sudah mengalami pubertas.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

3. Pembiasaan dari kecil

Orangtua perlu memahami bahwa anak sudah dibiasakan melakukan kebiasaan yang baik sejak kecil, ketika besar mereka akan terbiasa dengan pendidikan yang baik tersebut.

Seperti saat anak berbuat salah, maka anak tak ragu untuk meminta maaf dan berusaha tidak mengulang.

Contoh sederhana kebiasaan baik yang bisa ditanamkan pada anak usia dini ialah berdoa sebelum melakukan sesuatu, berbicara sopan, hingga budaya mengantre. Hal kecil seperti ini akan mempengaruhi tata krama mereka ketika besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.