Kompas.com - 02/10/2022, 15:57 WIB
|

KOMPAS.com - Kebutuhan air bersih tentu sangat dibutuhkan setiap orang. Tak hanya untuk minum, air juga untuk kebutuhan lainnya.

Tapi, ada beberapa wilayah yang ketersediaan air bersihnya kurang. Seperti di Kecamatan Arjawinangun, Cirebon Jawa Barat.

Di wilayah tersebut masih menjadi isu yang belum banyak mendapat penanganan dari pemerintah daerah. Bahkan masyarakat sering mengeluhkan air yang kadang tidak mengalir, atau sekalipun mengalir kondisinya keruh.

Baca juga: Siswa SMK Inovasi Kacamata IoT bagi Tunanetra, Bisa Beri Perintah Belok

Terkait hal itu, mahasiswa Teknik Industri ITB Kampus Cirebon yang tergabung dalam kelompok 5 Idea Lab mencoba membuat inovasi prototipe penjernih air (water filter) sederhana yang dapat dibongkar pasang dalam acara pameran Idea Lab 2022 di Kampus ITB Cirebon.

Menurut Benjamin Jusuf Satriobudi (Perwakilan kelompok 5), water filter yang diciptakan terbuat dari bahan plastik ringan.

Yang bagian atasnya sebagai tempat masuk air merupakan silikon sehingga dapat menyesuaikan diameter kran dengan ukuran yang bervariasi.

Bagian penyaring utama terdiri dari tiga lapis filter, yaitu:

1. kerikil

2. karbon aktif

3. kapas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.