Kompas.com - 03/10/2022, 16:38 WIB
|

KOMPAS.com - Belajar di negeri orang tentu akan jadi suatu pengalaman berharga bagi seseorang. Seperti yang dialami Azrial Rizky Al Ubaids, mahasiswa Manajemen Pendidikan (MP) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Azrial bersama sekitar 11 mahasiswa Unesa lainnya mendapat kesempatan menimba ilmu dan memperbanyak pengalaman di luar kampus.

Hebatnya, mereka berkesempatan belajar di Thailand, tepatnya di salah satu sekolah, di Padang Besar.

"Saya sebelumnya berjuang keras agar bisa lulus seleksi program ini. Dan, akhirnya nama saya ada di pengumuman dan dinyatakan lolos setelah melalui proses seleksi berkas dan wawancara," ujarnya dikutip dari laman Unesa, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Printer 3D, Tingkat Keberhasilan Cetak 100 Persen

Pendidikan diapresiasi tinggi

Menurut dia, dapat praktik mengajar di Thailand merupakan suatu pengalaman yang berharga. Dia mengikuti program mengajar selama tiga bulan. Mulai 29 Agustus sampai 23 November 2022.

Tentu ada banyak hal yang menarik yang dia temui di sana. Dari aspek budaya yang tentu saja berbeda dengan Indonesia. Tetapi orang-orang di tempatnya magang begitu ramah.

"Meski ya muslim minoritas di sana, tetapi kami yang datang dilayani dengan baik," ucapnya.

Sedangkan dari sisi pendidikan, sekolah-sekolah di Thailand sangat mengapresiasi tinggi para pendidiknya.

"Setahu saya guru sangat dihargai, termasuk guru TK dan SD bahkan guru pendidikan nonformalnya. Setiap minggu guru-guru melakukan evaluasi dan monitoring," tuturnya.

Ia juga mengatakan, pendidikan di Negeri Gajah Putih itu, untuk sekolah negeri tahap pra-TK, TK, SMP, dan SMA masuk program pendidikan wajib dan gratis.

Halaman:
Sumber Unesa


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.