Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 16:15 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com- Semester ini Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (FSRD IKJ) dalam rangka menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi menerapkan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).

Melalui program Bidang Riset, Inovasi dan Pengabdian kepada Masyarakat di Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ mengadakan kegiatan berkolaborasi dengan pihak Diskparekraf dalam mengimplementasikan kurikulum MBKM tersebut.

Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) peminatan Desain Grafis FSRD IKJ menggelar pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk workshop yang akan dijalankan dalam dua pertemuan. 

Tahap pertama 3 Oktober 2022, pengabdian masyarakat MBKM FSRD IKJ ini mempertemukan 60 mahasiwa DKV dengan 30 pelaku UMKM Jakprener.

Program bertajuk "Branding and Packaging Design and Workshop" ini menjadi bentuk kolaborasi antara IKJ dan Jakpreneur Binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didampingi dosen pengampu Nicholas Wila Adi, Oky Arfie, Dionisius Bowo, dan Kefas Sandy.

Tahap selanjutnya akan diadakan pada 21 November 2022 di mana tahap ini menjadi bagian penentuan, terdiri dari pembuatan desain kemasan makanan produk, baik berupa bentuk dummy cetak desain kemasan juga tahap presentasi desain.

Hasil karya kelompok mahasiswa ini akan dipresentasikan di hadapan Jakpreneur Binaan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dewan juriyang akan menentukan juara terbaik desain kemasan.

Diharapkan melalui kegiatan ini akan dihasilkan desain kemasan yang membuat UMKM makin percaya diri karena sudah mendapatkan hasil desain kemasan terbaik dan kekinian sehingga  meningkatkan daya saing UKMKM.

Dari sisi mahasiswa DKV IKJ yang sedang menempuh proses belajar (semester 6), kegiatan ini menjadi wadah mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmunya dalam mata kuliah Kampanye Desain Kemasan Produk sekaligus mendorong pelaku ekonomi kreatif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com